Breaking News:

Cemas Menghadapi Vaksinasi? Simak Tips Berikut untuk Mengatasinya

Pelaksanaan vaksinasi membuat banyak orang merasa cemas dan khawatir. Tapi tidak perlu cemas, berikut adalah tips untuk mengatasi kecemasan tersebut.

Piroschka van de Wouw / ANP / AFP
Seorang dokter umum memberikan dosis vaksin AstraZeneca Covid-19 kepada pasien selama kampanye vaksinasi Covid-19 di Ede, Belanda, pada 20 Maret 2021. Beberapa negara Eropa melanjutkan vaksinasi AstraZeneca pada 19 Maret 2021 setelah semua jelas dari regulator UE dan WHO, termasuk Prancis yang sedang mempersiapkan sepertiga dari populasinya untuk memasuki penguncian parsial baru. 

TRIBUNHEALTH.COM - Program vaksinasi di Indonesia sudah memasuki tahap kedua.

Dilansir dari Youtube KompasTv, hingga (11/03/2021) total orang yang sudah di vaksin mencapi 3,6 juta untuk dosis pertama dan 1,2 juta untuk dosis kedua.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo telah menargetkan vaksinasi terhadap 181 juta masyarakat Indonesia bisa selesai pada akhir 2021.

"Kita harapkan setiap hari ada 900 sampai dengan 1 juta jiwa yang bisa di vaksin," ungkap Presiden RI Joko Widodo pada tayangan Youtube KompasTv.

Bagi sebagian orang, melakukan vaksinasi menimbulkan rasa cemas dan khawatir.

Baca juga: Covid-19 Memicu Terjadinya Depresi Pada Masa Pandemi

Baca juga: Meski Vaksin Tidak Membatalkan Puasa, MUI Sarankan Melakukan Vaksinasi Pada Malam Hari

Seorang pekerja medis menunjukkan botol vaksin AstraZeneca melawan virus corona Covid-19 di sebuah rumah sakit di Phnom Penh pada 22 Maret 2021.
Seorang pekerja medis menunjukkan botol vaksin AstraZeneca melawan virus corona Covid-19 di sebuah rumah sakit di Phnom Penh pada 22 Maret 2021. (Pixabay)

Menurut Koordinator Psikologi Bidang Medis Tim Koordinator Relawan Nasional Satgas Penanganan Covid-19, Dr. Endang Mariani, M.PSi., menyebutkan hal ini disebebkan oleh ketidaktauan dan kebingungan akan banyaknya informasi tentang vaksin.

"Kecemasan, ketakutan, kebingungan, kemarahan dan berbagai emosi negatif yang muncul akibat kesimpangsiuran informasi terkait vaksin justru akan melemahkan imunitas tubuh," lanjutnya.

Dilansir dari Youtube KompasTv, berikut adalah beberapa tips mengatasi kecemasaan saat vaksinasi:

1. Lakukan riset mendalam

Ketakutan sering datang karena kurangnya informasi dan ketidaktahuan seseorang terhadap apa yang akan dilakukannya.

Halaman
12
Penulis: Irma Rahmasari
Editor: Ekarista Rahmawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved