Breaking News:

Tak Perlu Khawatir, Warna Gigi yang Kuning Akibat Penggunaan Behel Bisa Dikembalikan ke Warna Asli

Menurut drg. H. Rahmat Juliadi, M.H. Kes warna gigi yang berubah akibat efek penggunaan alat ortodonti bisa dikembalikan ke warna semula.

freepik.com
ilustrasi gigi kuning akibat penggunaan kawat gigi, begini penjelasan drg. H. Rahmat Juliadi, M.H. Kes 

TRIBUNHEALTH.COM - Secara umum, kasus yang melibatkan kelainan skeletal maupun kelainan dento skeletal (gigi dan rahang) biasanya dikerjakan oleh dokter gigi spesialis ortodonti.

Untuk mengetahui kelainan yang terjadi sebaiknya melakukan pemeriksaan dengan dokter gigi.

"Jadi susunan gigi geligi dan hubungan rahang atas dan bawahnya kembali ke posisi yang normal. Dan itu butuh waktu yang tidak sebentar," terang Dokter Gigi, drg. H. Rahmat Juliadi, M.H. Kes.

"Itu tahunan ya proses seperti itu. Jadi ya memang ini bukan perawatan main-main lah ini intinya ya. Bukan perawatan iseng-iseng atau hanya sekedar tren ya," tegasnya.

Baca juga: 4 Fakta Menarik Seputar Antioksidan, Senyawa Bermanfaat yang Banyak Ditemukan pada Buah dan Sayur

Pernyataan ini disampaikan oleh Dokter Gigi, drg. H. Rahmat Juliadi, M.H. Kes yang dilansir oleh Tribunhealth.com dalam tayangan YouTube Tribunjabar video program Tribun Health edisi 27 Juli 2022.

Ilustrasi dokter gigi melakukan pemeriksaan sebelum melakukan perawatan behel, simak ulasan drg. H. Rahmat Juliadi, M.H. Kes
Ilustrasi dokter gigi melakukan pemeriksaan sebelum melakukan perawatan behel, simak ulasan drg. H. Rahmat Juliadi, M.H. Kes (Pixabay.com)

Baca juga: Kenali Permasalahan Kulit yang Kerap Ditemui oleh para Pria, Berikut Ulasan dr. Sriyatty Sengkey

Perlu dipahami jika hendak melakukan perawatan behel tentu tidak hanya gigi saja yang akan diperiksa kemudian langsung dipasangkan behel atau kawat gigi.

Pasalnya dokter gigi juga akan melakukan pemeriksaan rahang sehingga tujuan penggunaan behel tercapai.

"Jadi serangkaian pemeriksaan itu akan dilakukan terlebih dahulu termasuk pemeriksaan radiologi atau di rontgen dulu ya untuk melihat bagaimana hubungan rahang atas rahang bawahnya seperti apa supaya nanti hasilnya bagus secara estetika itu terlihat bagus gitu," pungkas Dokter Gigi, drg. H. Rahmat Juliadi, M.H. Kes.

"Selain rapi susunan gigi geliginya juga hubungan rahang atas rahang bawahnya menjadi bagus gitu," timpal Dokter Gigi, drg. H. Rahmat Juliadi, M.H. Kes.

"Karena kadang giginya rapi tetapi pada saat buka tutup mulut gigi atas dengan bawahnya tidak pas gitu kan, miring gigitnya. Ada yang seperti itu," ucap drg. Rahmat dalam tayangan Tribun Health (27/07/22).

"Nah itu harus dilakukan sejumlah pemeriksaan terlebih dahulu. Dan itu sekali lagi hanya bisa dikerjakan oleh dokter gigi dan dokter gigi spesialis ortodonti," tambah Dokter Gigi, drg. H. Rahmat Juliadi, M.H. Kes.

Beberapa orang beranggapan jika menggunakan kawat gigi atau behel akan mengubah warna gigi seseorang menjadi kuning.

Baca juga: Penyimpangan Seksual dan Kelainan Orientasi Seksual, Beda atau Sama? Medical Sexologist Menjawab

Ilustrasi gigi kuning setelah pemasangan  behel, drg. H. Rahmat Juliadi, M.H. Kes imbau tak perlu khawatir
Ilustrasi gigi kuning setelah pemasangan behel, drg. H. Rahmat Juliadi, M.H. Kes imbau tak perlu khawatir (Freepik.com)

Baca juga: Berikut Ini Tips untuk Redakan Hidung Meler, Mandi Air Hangat hingga Perbanyak Istirahat

Terkait hal ini, drg. H. Rahmat Juliadi, M.H. Kes membenarkan jika gigi bisa berubah menjadi kuning.

Sebenarnya ketika alat ortodonti dipasangkan oleh dokter gigi yang sudah dibekali oleh ilmu kesehatan maka pada saat alat ortodonti itu dilepas maka gigi yang merupakan bekas dipasangkan alat ortodonti tersebut akan dibersihkan kembali.

Biasanya ada alat perekat yang merekatkan bracket dengan gigi itu memang masih menempel pada gigi sehingga gigi akan terlihat lebih kuning.

"Tapi pada saat dilepas itu harus dibersihkan kembali sehingga gigi yang bersangkutan tetap tidak berubah warna. Jadi sebetulnya kalau dikerjakan oleh dokter yang secara benar maka tidak akan mengubah warna gigi," jelas drg. H. Rahmat Juliadi, M.H. Kes.

Karena pada saat bracket dilepas nantinya juga akan dibersihkan kembali bekas-bekas perakat oleh dokter gigi.

"Adapun selama pemasangan artinya bracketnya belum dilepas ada perubahan-perubahan warna itu biasanya karena faktor makanan dan minuman yang sering dia konsumsi," ungkap drg. H. Rahmat Juliadi, M.H. Kes.

"Misalnya pasien sering konsumsi makanan yang berwarna kemudian minuman bersoda, giginya lebih tua itu bisa dibersihkan dengan alat khusus," ucapnya.

Baca juga: Hindari Toksoplasma dengan Memperhatikan 3 Prinsip Dasa sebelum Memelihara Kucing, Simak Kata Dokter

Ilustrasi dokter gigi mengembalikan warna semula gigi setelah behel dilepas, begini kata drg. H. Rahmat Juliadi, M.H. Kes
Ilustrasi dokter gigi mengembalikan warna semula gigi setelah behel dilepas, begini kata drg. H. Rahmat Juliadi, M.H. Kes (Pixabay.com)

Baca juga: Sederet Fakta Bersin Terus-menerus pada Ibu Hamil, Benarkah Tak Membahayakan Janin?

Sehingga sangat mungkin terjadi perubahan warna gigi setelah perawatan alat ortodonti.

Halaman
12
Penulis: Dhiyanti Nawang Palupi
Editor: Ekarista Rahmawati
Ikuti kami di
Data Berhasil Terkirim!
Data Harus Diisi!
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved