Breaking News:

Muka Sering Memerah Pertanda Tidak Cocok Dalam Penggunaan Skincare, Begini Ulasan dr. Desidera

Pentingnya memahami kondisi kulit dan jenis kulit agar pemilihan skincare tepat dan tidak menimbulkan permasalahan pada kulit.

grid.ID
ilustrasi penggunaan skincare yang disesuaikan dengan jenis kulit, begini penjelasan dr. Desidera Husadani, Sp.DV 

TRIBUNHEALTH.COM - Skincare merupakan serangkaian produk untuk merawat kesehatan kulit agar kulit tetap sehat.

Penggunaan skincare sendiri tidak boleh sembarangan dan harus disesuaikan dengan kondisi dan jenis kulit masing-masing orang.

Artinya tidak semua orang dapat menggunakan jenis skincare yang sama, karena setiap orang memiliki jenis kulit dan permasalahan kulit yang berbeda.

Selain itu, sebelum memilih skincare pentingnya memahami kandungan yang terdapat pada skincare tersebut.

Pasalnya penggunaan skincare yang salah dan tidak sesuai dengan kebutuhan kulit dapat menyebabkan permasalahan pada kulit, mulai dari iritasi hingga kemerahan pada kulit.

Baca juga: Amankah Penggunakan Produk Skincare All in One untuk Kulit Wajah dan Badan? Begini Ulasan Dokter

ilustrasi penggunaan skincare yang disesuaikan dengan jenis kulit, begini penjelasan dr. Desidera Husadani, Sp.DV
ilustrasi penggunaan skincare yang disesuaikan dengan jenis kulit, begini penjelasan dr. Desidera Husadani, Sp.DV (kompas.com)

Baca juga: Butuh Waktu Berapa Lama untuk Menyembuhkan Skin Barrier yang Rusak? Begini Penjelasan dr. Desidera

Kondisi tersebut dapat terjadi meskipun sudah menggunakan skincare dan sunscreen sebagai pelindung kulit dan kerap terjadi meskipun baru sebentar di bawah sinar matahari.

Dilansir TribunHealth.com, Dokter Spesialis Dermatovenereologi, dr. Desidera Husadani, Sp.DV memberikan penjelasan dalam tayangan YouTube Tribun Lampung News Video program Podcast Tribun Lampung.

dr. Desidera Husadani menyampaikan, jika sudah mengalami permasalahan kulit mudah memerah meskipun baru sebentar di bawah sinar matahari meskipun sudah menggunakan sunscreen, sebaiknya segera dikonsultasikan dengan dokter.

Pasalanya memerahnya kulit tersebut tidak hanya karena faktor dari skin barrier yang rusak, namun juga bisa karena penggunaan skincare yang salah.

Skin barrier yang rusak ditandai dengan kulit cenderung kering, mengelupas, bersisik, gatal, kemerahan, dan mengalami peradangan.

2 dari 4 halaman

Oleh karena itu, sebaiknya tidak menunda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit.

Saat konsultasi dengan dokter, biasanya dokter akan menanyakan skincare apa yang sedang digunakan, apakah skincare tersebut dapat dari dokter atau skincare yang dijual bebas.

Baca juga: Kenali Ciri-ciri Skin Barrier yang Rusak hingga Cara Mencegah Keparahan Kerusakannya

ilustrasi mengalami iritasi pada kulit akibat penggunaan skincare yang salah, begini penjelasan dr. Desidera Husadani, Sp.DV
ilustrasi mengalami iritasi pada kulit akibat penggunaan skincare yang salah, begini penjelasan dr. Desidera Husadani, Sp.DV (cewekbanget.grid.id)

Baca juga: Skin Barrier yang Rusak Sebabkan Masalah pada Kulit, Berikut Kenali Penyebab Rusaknya Skin Barrier

Hal tersebut ditanyakan bertujuan untuk mengetahui apakah pasien menggunakan skincare dengan kandungan berbahaya atau tidak.

Menurut penuturan dr. Desidera Husadani, ketika pasien menggunakan skincare yang tepat, dengan kandungan yang menyehatkan kulit, kulit akan lebih tahan di bawah sinar matahari dan tidak akan mudah memerah dengan cepat.

Tak hanya penggunaan skincare saja, penggunaan sunscreen yang tepat juga akan menjaga dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan kulit tidak akan mudah memerah.

Penggunaan sunscreen sendiri sangatlah penting untuk melindungi kulit dan penggunaannya harus tepat.

dr. Desidera Husadani menghimbau untuk menggunakan susncreen dan dilakukan pengulangan dalam penggunaannya setiap 3 jam sekali.

"Jika sunscreen tersebut digunakan dengan tepat, seharusnya akan memiliki hasil yang baik pada kulit."

"Namun jika kulit memerah meskipun sudah menggunakan skincare dan sunscreen, maka perlu di evaluasi lagi terhadap skincare dan sunscreen yang digunakan."

Selain melakukan evaluasi pada skincare dan sunscreen, pahami kondisi kulit, apakah kulit mengalami masalah pada skin barriernya tau tidak.

Baca juga: Mengenal Fungsi Skin Barrier yang Merupakan Sistem Pertahanan Kulit, Berikut Ulasan dr. Desidera

ilustrasi penggunaan skincare yang disesuaikan dengan jenis kulit, begini penjelasan dr. Desidera Husadani, Sp.DV
ilustrasi penggunaan skincare yang disesuaikan dengan jenis kulit, begini penjelasan dr. Desidera Husadani, Sp.DV (freepik.com)

Baca juga: 3 Macam Basic Skincare yang Perlu Digunakan untuk Menjaga Kesehatan Kulit

3 dari 4 halaman

Cara merawat wajah yang memerah akibat kerusakan skin barrier dan kesalahan penggunaan skincare

dr. Desidera Husadani menjelaskan, untuk merawat wajah yang mudah memerah akibat kerusakan skin barrier dan kesalahan penggunakan skincare sebaiknya mengganti produk skincare tersebut.

Mulai dari mengganti sabun pencuci wajah dengan menggunakan sabun wajah yang gantle.

Kemudian hentikan penggunaan skincare tersebut dan konsultasikan dengan dokter agar pemilihan skincare tidak salah lagi.

dr. Desidera Husadani menyebutkan, ketika kondisi kulit memerah biasanya dokter akan memberikan pelembab dan sunscreen saja untuk digunakan oleh pasien tersebut.

Penggunaan pelembab dan sunscreen ini digunakan selama dua minggu atau satu bulan pertama.

Baca juga: Benarkah Kandungan Skincare atau Produk Tertentu Bisa Sebabkan Alergi? Begini Kata dr. Ammarilis

ilustrasi penggunaan skincare yang disesuaikan dengan jenis kulit, begini penjelasan dr. Desidera Husadani, Sp.DV
ilustrasi penggunaan skincare yang disesuaikan dengan jenis kulit, begini penjelasan dr. Desidera Husadani, Sp.DV (freepik.com)

Baca juga: Selain Rutin Menggunakan Basic Skincare, Eksfoliasi Berperan Penting untuk Mendapatkan Kulit Glowing

Setelah masalah kemerahan pada wajah mulai mereda, dokter akan memberikan skincare lain yang disesuaikan oleh keluhan pasien.

"Kalau misalnya memiliki keluhan jerawat, akan diberikan obat jerawat namun yang ringan saja."

"Kalau memiliki masalah flek hitam akan diberikan obat untuk mengatasi flek hitam tersebut mulai dari yang ringan dulu."

"Setelah kulitnya memiliki respon yang bagus atau kulit sudah kuat, kemudian penggunaan skincare dapat ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing kulit."

Baca juga: Berikut Cara Kerja Sunscreen dan Risiko jika Tak Memakainya, Kulit Menghitam dan Ada Risiko Kanker

4 dari 4 halaman

Penjelasan ini disampaikan oleh Dokter Spesialis Dermatovenereologi, dr. Desidera Husadani, Sp.DV dalam tayangan YouTube Tribun Lampung News Video program Podcast Tribun Lampung pada 15 Agustus 2022.

Baca berita lain seputar kesehatan di sini

(Tribunhealth.com/IR)

Selanjutnya
Penulis: Irma Rahmasari
Editor: Melia Istighfaroh
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved