Breaking News:

Prof. Wiku Adisasmito Ingatkan Masyarakat untuk Menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

Menurut Prof. Wiku Adisasmito persentase kesembuhan Covid-19 harian di seluruh provinsi mengalami kenaikan.

Freepik.com
Ilustrasi menerapkan protokol kesehatan, Prof. Wiku Adisasmito imbau untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat 

TRIBUNHEALTH.COM - Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito memaparkan jika kasus positif Covid-19 mingguan di seluruh provinsi mengalami penurunan.

Persentase kesembuhan harian di seluruh provinsi mengalami kenaikan.

Hal ini perlu kita tingkatkan, karena semakin banyak orang yang di tes maka kita akan semakin dapat melihat gambaran penularan Covid-19 yang akurat di tengah masyarakat.

Hal penting untuk menjadi kewaspadaan kita bersama adalah tren kenaikan mobilitas ternyata tidak hanya dialami oleh provinsi tujuan mudik.

Namun terjadi merata pada 33 dari 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Baca juga: Kasus Positif Covid-19 Aktif, Kematian, BOR, dan Positivity Rate di 8 Wilayah Terus Alami Penurunan

Hal ini disampaikan oleh Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito yang dilansir oleh Tribunhealth.com dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden edisi 10 Mei 2022.

Ilustrasi mutasi virus corona, menurut Prof. Wiku Adisasmito
Ilustrasi mutasi virus corona, menurut Prof. Wiku Adisasmito persentase kesembuhan harian di seluruh provinsi mengalami kenaikan(Pixabay)

Baca juga: Selain Berbadan Gemuk, Kolesterol Tinggi Juga Bisa Terjadi pada Seseorang yang Berbadan Kurus

Berdasarkan data yang didapat dari google mobility per tanggal 06 Mei 2022 kenaikan mobilitas pada umumnya terjadi pada lokasi retail dan rekreasi, toko bahan makanan, taman, dan pusat transportasi umum.

Sementara mobilitas pada tempat kerja dan perkantoran secara keseluruhan mengalami penurunan.

Apabila dilihat dari masing-masing lokasi survey, kenaikan mobilitas tertinggi adalah sebagai berikut:

Pada tempat retail dan rekreasi Sumatera Barat mengalami peningkatan mobilitas sebesar 110% dimana Jawa Tengah naik 85% dan Lampung naik 81%.

Pada toko bahan makanan, Sumatera Barat mengalami peningkatan mobilitas sebesar 153%, Lampung naik 127% dan Jawa Tengah naik 118%.

Pada taman termasuk pantai dan ruang terbuka umum, Sumatera Barat mengalami peningkatan mobilitas sebesar 280%, Riau naik 225%, dan Lampung naik 219%.

Pada pusat transportasi umum, Lampung mengalami peningkatan mobilitas sebanyak 237%, Jawa Tengah naik 127%, dan Sumatera Barat naik 71%.

Satu-satunya provinsi yang justru mengalami penurunan mobilitas adalah DKI Jakarta.

Penurunan ini terjadi pada 4 dari 5 lokasi survey dan hanya pada area taman mobilitas meningkat sangat kecil yaitu 8%.

Dalam mempertahankan penurunan kasus yang saat ini sudah sangat signifikan dan demi mencapai aktivitas masyarakat dan perlahan kembali seperti saat sebelum pandemi maka tidak bosan Prof. Wiku Adisasmito ingatkan bahwa kuncinya adalah kesadaran dan disiplin diri dari masing-masing individu untuk menjaga diri dari menular dan tertular.

Serta baiknya masyarakat sadar untuk segera testing apabila bergejala.

Baca juga: dr. Febriyanto Kurniawan, Sp. B (K) Onk Tegaskan jika Tak Semua Kanker Payudara Harus di Kemoterapi

Ilustrasi berbagai metode tes COVID-19, Prof. Wiku Adisasmito ingatkan masyarakat untuk testing jika bergejala
Ilustrasi berbagai metode tes COVID-19, Prof. Wiku Adisasmito ingatkan masyarakat untuk testing jika bergejala (health.grid.id)

Baca juga: dr. Febriyanto Kurniawan, Sp. B (K) Onk: Kanker Payudara Tak Sama Artinya dengan Kehilangan Payudara

Berhubungan dengan kenaikan mobilitas yang merata ini, tentunya perlu menjadi kewaspadaan kita bersama sebab peningkatan mobilitas pada umumnya sering dibarengi dengan peningkatan interaksi masyarakat dan semakin tingginya risiko terbentuknya kerumunan.

Oleh sebab itu, menjaga diri dari potensi tertular dan menularkan dapat dilakukan dengan sangat mudah, yaitu tetap memakai masker semaksimal mungkin saat bertemu dengan orang lain atau berada di tempat umum atau keramaian.

Prof. Wiku Adisasmito ingatkan masyarakat untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) juga seharusnya sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari terlebih pada kehidupan pasca pandemi yang menuntuk kita semua untuk semakin meningkatkan kesadaran akan kesehatan dan kebersihan diri.

Halaman
12
Penulis: Dhiyanti Nawang Palupi
Editor: Ahmad Nur Rosikin
Ikuti kami di
Data Berhasil Terkirim!
Data Harus Diisi!
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved