Breaking News:

Data Penelitian Facebook Bocor, Ungkap Instagram Punya Dampak Buruk bagi Kesehatan Mental Remaja

Dua di antara dampak serius Instagram pada kesehatan mental adalah buruknya body image dan perbandingan sosial

Pixabay
Ilustrasi dampak negatif media sosial terhadap kesehatan mental 

TRIBUNHEALTH.COM - Facebook dilaporkan telah melakukan penelitian internal selama dua tahun untuk menunjukkan, bahwa aplikasi Instagram yang mereka miliki memicu body image yang buruk bagi remaja.

Penelitian yang dilakukan secara rahasia ini bocor, diberitakan The Guardian, Selasa (14/9/2021).

Setidaknya sejak 2019, staf di perusahaan telah mempelajari dampak produk mereka pada kondisi pikiran penggunanya, terutama kalangan anak muda.

Penelitian mereka telah berulang kali menemukan itu berbahaya untuk sebagian besar, dan khususnya gadis remaja.

“Kami memperburuk masalah citra tubuh untuk satu dari tiga gadis remaja,” kata slide dari satu presentasi internal pada 2019, dilihat oleh Wall Street Journal.

Baca juga: Psikoterapis Bagikan Tips Apa yang Perlu Dilakukan ketika Instagram Mulai Ganggu Kesehatan Mental

Baca juga: Psikolog, Adib Setiawan Bagikan Cara dalam Mengatasi Tekanan Mental pada Anak akibat Belajar Daring

Ilustrasi pengaruh Instagram terhadap kesehatan mental
Ilustrasi pengaruh Instagram terhadap kesehatan mental (Pixabay)

“Tiga puluh dua persen gadis remaja mengatakan bahwa ketika mereka merasa buruk tentang tubuh mereka, Instagram membuat mereka merasa lebih buruk,” presentasi berikutnya melaporkan pada Maret 2020.

Slide lain mengatakan: “Remaja menyalahkan Instagram atas peningkatan tingkat kecemasan dan depresi. Reaksi ini tidak terduga dan konsisten di semua kelompok.”

Terdiri dari temuan-temuan dari kelompok fokus, survei online, dan studi buku harian pada tahun 2019 dan 2020, penelitian Instagram untuk pertama kalinya menunjukkan seberapa sadar perusahaan akan dampak produknya terhadap kesehatan mental remaja.

Namun, di depan umum, para eksekutif di Facebook, yang telah memiliki Instagram sejak 2012, secara konsisten meremehkan dampak negatifnya pada remaja.

Pada Maret tahun ini, Mark Zuckerberg, kepala eksekutif Facebook, mengklaim media sosial lebih cenderung memiliki efek kesehatan mental yang positif.

Baca juga: 4 Tanda Instagram Sudah Mulai Ganggu Kesehatan Mental, Cemas dan Frustrasi jika Tak Buka Aplikasi

Baca juga: Pakar Jelaskan Kebiasaan Mengigau saat Tidur, Terkait dengan Kesehatan Fisik dan Mental?

Pada bulan Mei, Adam Mosseri, yang bertanggung jawab di Instagram, mengatakan dia telah melihat penelitian yang menunjukkan efeknya pada kesehatan mental remaja mungkin "cukup kecil".

Dalam "penyelaman mendalam kesehatan mental", eksekutif pemasaran dan desain produk dan ilmuwan data di Facebook menyimpulkan bahwa beberapa masalah, seperti "perbandingan sosial", khusus untuk Instagram dan tidak direplikasi oleh platform lain.

“Aspek Instagram memperburuk satu sama lain untuk menciptakan badai yang sempurna,” kata satu laporan internal.

Laporan itu mengatakan, tekanan untuk hanya membagikan momen terbaik dan terlihat sempurna dapat membuat remaja mengalami depresi, harga diri rendah, dan gangguan makan.

Baca juga: dr. Zulfia Oktanida Syarif Sebutkan Faktor-faktor yang Memengaruhi Kesehatan Mental, Simak Ulasannya

Ilustrasi pengaruh Instagram terhadap kesehatan mental
Ilustrasi pengaruh Instagram terhadap kesehatan mental (Pixabay)

Kesimpulan internal Facebook menggemakan sejumlah penelitian yang melibatkan media sosial dalam epidemi masalah kesehatan mental di kalangan anak muda.

Pada tahun 2017, YoungMinds dan Royal Society for Public Health menerbitkan penelitian yang memilih Instagram memiliki dampak paling negatif pada kesejahteraan mental anak muda dari semua jejaring sosial.

Emma Thomas, kepala eksekutif badan amal tersebut, mengatakan bahwa meskipun media sosial dapat bermanfaat, itu juga datang dengan tekanan yang meningkat.

"Dikelilingi oleh gambaran konstan tentang kehidupan 'sempurna' dan tubuh yang tampaknya sempurna juga dapat berdampak besar pada bagaimana perasaan Anda tentang kehidupan dan penampilan Anda sendiri, dan bisa sangat sulit untuk tidak membandingkan diri Anda dengan orang lain," kata Thomas.

Seorang juru bicara 5Rights Foundation, yang mengkampanyekan perubahan pada layanan digital agar lebih cocok untuk anak-anak dan remaja, mengatakan: “Penelitian Facebook sendiri adalah tuduhan yang menghancurkan atas kecerobohan yang dilakukan, dan sektor teknologi secara lebih luas, dalam memperlakukan anak-anak.

Ilustrasi - Instagram bisa pengaruhi kesehatan mental, apa yang perlu dilakukan?
Ilustrasi - Instagram bisa pengaruhi kesehatan mental, apa yang perlu dilakukan? (Pixabay)

“Dalam mengejar keuntungan, perusahaan-perusahaan ini mencuri waktu anak-anak, harga diri dan kesehatan mental, dan terkadang secara tragis hidup mereka …"

Halaman
12
Penulis: Ahmad Nur Rosikin
Editor: Melia Istighfaroh
Ikuti kami di
Data Berhasil Terkirim!
Data Harus Diisi!
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved