Breaking News:

Muncul Gejala Psikotik pada Pasien Covid-19, Berikut Ini Pengobatan yang Tepat Menurut Psikiater

Muncul laporan adanya pasien Covid-19 yang mengalami psikosis atau gejala psikotik parah, bahkan setelah sembuh. Berikut pengobatan yang tepat

Shutterstock via Tribunnews
Ilustrasi gangguan mental - Muncul Gejala Psikotik pada Pasien Covid-19, Berikut Ini Pengobatan yang Tepat Menurut Psikiater 

TRIBUNHEALTH.COM - Baru-baru ini dilaporkan munculnya kasus yang tak biasa pada pasien Covid-19.

Mereka memiliki gejala yang tidak biasa, bahkan di antaranya mengalami psikosis atau gejala psikotik parah, bahkan setelah sembuh.

Lalu apa pengobatan yang tepat?

Ada tiga macam pengobatan psikotik menurut Psikiater atau Dokter Ahli Kejiwaan dr. Danardi Sosrosumihardjo, yakni pemberian obat, pendampingan secara individu dan pendampingan keluarga.

Namun pengobatan tersebut tergantung dengan kondisi pasien dan waktu munculnya gejala psikotik, apakah itu bebarengan dengan penyakit covid-19, ataukah muncul setelah pasien sembuh dari covid.

"Kalau gejala psikotik sekunder karena Covid-19, maka kalau Covidnya ini mereda, mungkin dinyatakan PCR-nya negatif, dan gejala klinis menurun, ini harusnya psikotiknya menurun," kata Psikiater atau Dokter Ahli Kejiwaan dr. Danardi Sosrosumihardjo, dikutip dari tayangan Ayo Sehat Kompas TV edisi 22 Maret 2021. 

"Namun yang dilaporkan di Inggris itu bahwa gejala psikotik masih saat dia sudah di rumah, ini artinya tidak ada hubungannya."

"Atau bisa juga ini pemantik riwayat sebelumnya," katanya.

Baca juga: Sebagian Penderita Covid-19 Memiliki Gangguan Mental, Berikut Gejala Psikotik pada Pasien Covid-19

Baca juga: Rentan Terjadi Gangguan Mental pada Pekerja, Ketahui Cara Mencegahnya

Pengobatan yang tepat semestinya dilakukan sesuai dengan tata laksana.

"Jadi dalam tata laksana di psikiater itu bisa dengan pemberian obat, bisa dengan secara individu diberikan konseling, pendampingan, atau terapi perilaku atau bisa juga terapi keluarga," jelasnya.

Halaman
1234
Penulis: Ekarista Rahmawati
Editor: Ekarista Rahmawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved