Breaking News:

Inggris Mulai Vaksinasi Dosis Keempat untuk Kelompok Rentan, Ada 3 Efek Samping Utama

Sama seperti vaksin dosis 1 hingga 3, vaksin booster kedua atau vaksin ke-4 secara keseluruhan juga punya efek samping

Tribunnews/Jeprima
Ilustrasi Vaksinasi - Petugas medis menunjukkan botol vaksin Covid-19 Pfizer di Gedung Judo, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (23/8/2021). 

TRIBUNHEALTH.COM - Vaksin virus corona telah secara positif mengubah jalannya pandemi, memangkas tingkat rawat inap dan kematian di berbagai belahan dunia.

Tetapi perlindungan yang memudar telah menghadirkan rintangan terbaru dalam upaya vaksinasi.

Dalam upaya untuk mengatasi kekebalan yang semakin berkurang, ribuan individu di Inggris yang rentan akan dipanggil untuk 'mengisi ulang' imunitas.

Dalam artian, mereka akan mendapatkan dosis keempat.

Data yang diperoleh dari studi Israel awal tahun ini telah menguraikan beberapa efek samping yang mungkin terjadi, dilansir TribunHealth.com dari Express.co.uk.

Data awal yang dirilis pada bulan Januari mengungkapkan bahwa efek samping dari dosis keempat vaksin Pfizer BioNTech adalah ringan.

Baca juga: FDA Buka Data Uji Klinis Pfizer, Ada Ribuan Kejadian Buruk yang Dilaporkan setelah Vaksinasi

Baca juga: CDC Ungkap Cara Hindari Miokarditis setelah Vaksin Pfizer dan Moderna, Jeda Vaksinasi Perlu Ditambah

Tenaga kesehatan menunjukkan vaksin Covid-19 Pfizer di Sentra Vaksinasi Covid-19 Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Nasional, di Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (16/9/2021).
Tenaga kesehatan menunjukkan vaksin Covid-19 Pfizer di Sentra Vaksinasi Covid-19 Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Nasional, di Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (16/9/2021). (Tribunnews/Jeprima)

Temuan ini diperoleh selama uji coba Pusat Medis Sheba pada bulan Januari, yang memberikan suntikan booster kedua kepada stafnya di tengah lonjakan infeksi Omicron secara nasional.

Dosis keempat vaksin Pfizer dan BioNTech diberikan kepada 150 personel medis yang tingkat antibodinya telah turun secara signifikan sejak menerima dosis ketiga antara empat hingga lima bulan sebelumnya.

Para peneliti tidak menemukan perbedaan mencolok antara efek samping dari dosis keempat dan ketiga vaksin.

Namun Pusat Medis mencatat bahwa efek samping termasuk rasa sakit, demam, dan sakit kepala, lapor Reuters.

Studi Israel, yang dilakukan oleh Pusat Medis Sheba pada bulan Januari, juga mengungkapkan bahwa dosis penguat keempat meningkatkan jumlah antibodi lima kali lipat dalam waktu seminggu setelah menerima dosis.

Ilustrasi beberapa jenis vaksin booster
Ilustrasi beberapa jenis vaksin booster (nasional.kompas.com)

Baca juga: Jelang Mudik, Kemenkes Sigap Siapkan 13.986 Pos Kesehatan dan Imbau Segerakan Vaksinasi Booster

Baca juga: Vaksin Booster Jadi Syarat Mudik, Apakah Boleh Dilakukan saat Berpuasa? Ini Jawaban Ahli

Sampai saat ini, efek samping yang paling umum yang mengikuti dosis ketiga adalah nyeri tubuh, sakit kepala, dan kelelahan, dengan beberapa individu mengeluh kedinginan dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Para ilmuwan telah menekankan bahwa efek samping seperti itu merupakan indikasi dari sistem kekebalan yang merespons suntikan.

Perdana Menteri Israel Naftali Bennet mengatakan kepada wartawan pada bulan Januari: “Seminggu memasuki dosis keempat, kita tahu dengan tingkat kepastian yang lebih tinggi bahwa dosis keempat aman."

“Berita kedua [adalah] kita tahu bahwa seminggu setelah pemberian dosis keempat, kita melihat peningkatan lima kali lipat dalam jumlah antibodi pada orang yang divaksinasi."

"Ini kemungkinan besar berarti peningkatan yang signifikan terhadap infeksi dan rawat inap dan gejala parah."

VAKSINASI LANSIA - Sebanyak 210 lansia menerima suntikan vaksin Covid-19, di Posyandu Garuda Rw 08 Kelurahan Poris Plawad, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Rabu (10/3/2021). Kegiatan yang berlangsung serentak di 164 kelurahan di Kota Tangerang, berlangsung mulai tanggal 9 hingga 13 Maret, sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.
VAKSINASI LANSIA - Sebanyak 210 lansia menerima suntikan vaksin Covid-19, di Posyandu Garuda Rw 08 Kelurahan Poris Plawad, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Rabu (10/3/2021). Kegiatan yang berlangsung serentak di 164 kelurahan di Kota Tangerang, berlangsung mulai tanggal 9 hingga 13 Maret, sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. (WARTA KOTA/NUR ICHSAN)

Baca juga: Penerima Vaksin Janssen (J&J) Dapat Memperoleh Vaksinasi Booster Jenis Moderna

Awal bulan ini pusat medis menerbitkan laporan di New England Journal of Medicine, menguraikan kemanjuran dosis keempat.

Temuan menegaskan bahwa dosis keempat "tidak menyebabkan efek samping yang substansial meskipun memicu gejala sistemik dan lokal ringan di sebagian besar penerima".

Namun, penulis penelitian mengatakan bahwa menambahkan dosis keempat untuk orang yang diinokulasi dan dikuatkan dengan suntikan Pfizer-BioNTech mungkin hanya memiliki "manfaat kecil".

Mereka menambahkan: “Kohort kami terlalu kecil untuk memungkinkan penentuan kemanjuran vaksin yang akurat."

Halaman
12
Penulis: Ahmad Nur Rosikin
Editor: Ahmad Nur Rosikin
Ikuti kami di
Data Berhasil Terkirim!
Data Harus Diisi!
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved