Breaking News:

dr. Cristina Lilian Menjelaskan Perjalanan Penyakit Diabetes yang Bisa Menyebabkan Gagal Ginjal

Menurut Praktisi kesehatan, dr. Cristina Lilian kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuh mengakibatkan kerusakan-kerusakan.

Pexels.com
Ilustrasi mengidap diabetes, begini pemaparan Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Brigjen Pol dr. Farid Amansyah, Sp. PD, FINASIM dan Praktisi kesehatan, dr. Cristina Lilian 

TRIBUNHEALTH.COM - Penyakit diabetes bisa menyebabkan komplikasi pada organ ginjal.

"Jadi kerusakan ginjal itu tidak langsung, tidak tiba-tiba. Ini kerusakan yang perlahan-lahan dimulai dari adanya kebocoran pada nefron atau glomerolus dimana neforn ini atau glomerolus ini berfungsi untuk menahan molekul-molekul besar yang lewat disana," jelas Spesialis Penyakit Dalam, Brigjen Pol dr. Farid Amansyah, Sp. PD, FINASIM.

Apabila kondisi hiperglikemik berlangsung dimana dara mengandung kadar gula yang terlalu tinggi, maka bisa menyebabkan kerusakan pada proses filtrasi atau saringan dari organ ginjal.

Penjelasan ini disampaikan oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Brigjen Pol dr. Farid Amansyah, Sp. PD, FINASIM dan Praktisi kesehatan, dr. Cristina Lilian yang dilansir oleh Tribunhealth.com dalam tayangan YouTube KOMPASTV program Bincang Kita edisi 14 November 2022.

Baca juga: Rupanya Inilah Faktor yang Memperparah Gangguan Sendi Rahang, Begini Ulasan drg. Ardiansyah

Ilustrasi gagal ginjal akibat menderita diabetes, begini ulasan Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Brigjen Pol dr. Farid Amansyah, Sp. PD, FINASIM dan Praktisi kesehatan, dr. Cristina Lilian
Ilustrasi gagal ginjal akibat menderita diabetes, begini ulasan Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Brigjen Pol dr. Farid Amansyah, Sp. PD, FINASIM dan Praktisi kesehatan, dr. Cristina Lilian (health.kompas.com)

Baca juga: Sit-up Dapat Menghilangkan Perut Buncit Hanyalah Mitos, Bisa Diatasi dengan Melakukan Diet

Jika hal ini berlangsung lama maka protein yang berukuran besar bisa melewati akibat saringan atau proses filtrasi ginjal tidak sempurna.

Hal ini bisa dideteksi dari pemeriksaan protein di kencing.

Perjalanan penyakit diabetes menyebabkan gagal ginjal

Kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuh seseorang secara terus-menerus dalam jangka waktu lama tentunya dapat mengakibatkan kerusakan-kerusakan.

Salah satunya adalah kerusakan pada pembuluh darah dan tentu saja pembuluh darah pada organ ginjal akan mengalami kerusakan.

Kerusakan pembuluh darah pada organ ginjal nantinya akan menyebabkan nutrisi dan supply oksigen ke ginjal menjadi berkurang.

Baca juga: Diet Keto Bikin Berat Badan Cepat Turun tapi Berdampak pada Kesehatan jika Tak Lakukan Dengan Benar

Ilustrasi pengidap diabetes atau kencing manis, begini penuturan Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Brigjen Pol dr. Farid Amansyah, Sp. PD, FINASIM dan Praktisi kesehatan, dr. Cristina Lilian
Ilustrasi pengidap diabetes atau kencing manis, begini penuturan Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Brigjen Pol dr. Farid Amansyah, Sp. PD, FINASIM dan Praktisi kesehatan, dr. Cristina Lilian (pixabay.com)

Baca juga: drg. Ardiansyah S. Pawinru, Sp. Ort Beberkan 3 Hal yang Menyebabkan Gangguan Sendi Rahang

2 dari 2 halaman

Sehingga sel-sel ginjal menjadi rusak dan mengakibatkan penurunan fungsi ginjal.

"Terjadi terus-menerus dalam jangka waktu lama atau kita sebutnya kronis dan terjadi secara terus-menerus tidak diobati maka lama-kelamaan akan berujung pada gagal ginjal," ungkap Praktisi kesehatan, dr. Cristina Lilian.

Agar terhindar dari gagal ginjal maupun komplikasi lainnya, penderita diabetes harus mengontrol kadar gula darahnya.

Untuk menambah informasi, ketika seseorang mengidap diabetes maka kandungan gula yang sangat tinggi dalam darah membuat proses penyaringan pada ginjal menjadi lebih berat.

Setelah beberapa tahun bisa menyebabkan kebocoran dan partikel besar seperti protein bisa masuk ke dalam urine atau yang disebut microalbuminuria.

Baca juga: Ketika Menopause Kebugaran Tubuh Menjadi Terganggu, Namun Masalah-masalah Menopause Bisa Diobati

ilustrasi diabetes, begini keterangan Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Brigjen Pol dr. Farid Amansyah, Sp. PD, FINASIM dan Praktisi kesehatan, dr. Cristina Lilian
ilustrasi diabetes, begini keterangan Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Brigjen Pol dr. Farid Amansyah, Sp. PD, FINASIM dan Praktisi kesehatan, dr. Cristina Lilian (kompas.com)

Baca juga: Menguap Terlalu Lebar Bisa Sebabkan Gangguan Sendi Rahang, Ini Mekanismenya Menurut drg. Ardiansyah

Penjelasan Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Brigjen Pol dr. Farid Amansyah, Sp. PD, FINASIM dan Praktisi kesehatan, dr. Cristina Lilian dilansir oleh Tribunhealth.com dalam tayangan YouTube KOMPASTV program Bincang Kita edisi 14 November 2022.

(Tribunhealth.com/DN)

Baca berita lain tentang kesehatan di sini.

Selanjutnya
Penulis: Dhiyanti Nawang Palupi
Editor: Ahmad Nur Rosikin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved