Breaking News:

Apakah Kebersihan Gigi Wanita Lebih Terjamin Dibandingkan Pria? Berikut Penjelasan Dokter Gigi

Merawat kesehatan gigi dan rongga mulut perlu diperhatikan bagi laki-laki maupun perempuan. Kebersihan gigi tergantung dari setiap individu.

freepik.com
ilustrasi seseorang yang memiliki kondisi gigi sehat 

TRIBUNHEALTH.COM - Berbicara tentang bagaimana menjaga kebersihan dan menjaga kesehatan gigi dan mulut tidak bisa dikatakan bahwa wanita lebih aware pada kondisi kesehatan gigi dan mulutnya.

Karena semua tergantung pilihan, tidak disebabkan oleh gender tetapi disebabkan oleh pilihan dari setiap individu.

Mereka yang memiliki pengetahuan dan kesadaran lebih tinggi, umumnya lebih intensif menjaga kesehatan gigi dan rongga mulut dibanding mereka yang belum paham.

Pada perempuan kebetulan terdapat faktor yang sifatnya hormonal, yang bisa berpengaruh terhadap kesehatan gigi dan mulutnya.

Misalkan para perempuan atau para ibu yang sedang mengandung memang disarankan untuk lebih intensif dan lebih rajin menjaga kesehatan gigi dan rongga mulutnya.

ilustrasi seseorang yang memiliki kondisi gigi sehat
ilustrasi seseorang yang memiliki kondisi gigi sehat (freepik.com)

Baca juga: Benarkah Gigi Pria Rapuh Sebelum Usia 30 Tahun Mengindikasikan Penyakit Jantung?

Karena kondisi perubahan hormonal yang sedang berlangsung tersebut bisa mempengaruh atau memicu lebih cepatnya kejadian kerusakan atau gangguan anomali pada kondisi kesehatan gigi dan rongga mulut.

drg. Anastasia menyampaikan, pada pria sampai detik ini belum ditemukan bahwa pria lebih beresiko dibanding perempuan karena hal ini berbicara tentang habbit dan tentunya tidak bisa digeneralisasi.

drg. Anastasia menyampaikan, bicara tentang habbit baik pria maupun wanita tidak bisa mengatakan bahwa pria lebih buruk habbitnya dibaning wanita.

Bicara habbit maka berbicara tentang keputusan dan bicara tentang pilihan pribadi dari pemilik raga, dan tidak dipengaruhi oleh gender.

Tetapi apabila bicara tentang faktor resiko terkait gender, maka bicara tentang hormonal.

Baca juga: drg. Putu Eka Tak Sarankan Pengguna Behel dan Veneer Melakukan Bleaching Gigi, Ketahui Alasannya

2 dari 2 halaman

drg. Anastasia juga mengatakan, pengaruh kondisi hormonal bagi ibu mengandung terkait kesehatan gigi dan rongga mulut.

Bicara tentang hal tersebut bila berkaitan dengan gender, pihak perempuan apabila tidak disiplin menjaga kebersihan dan kesehatan jaringan gigi maupun jaringan pendukung gigi akan menajdi lebih beresiko pada saat didalam tubuhnya terjadi ketidakseimbangan atau perubahan hormonal yang biasanya diakibatkan oleh proses kehamilan.

Apabila pria menceritakan bahwa kondisi kesehatan gigi lebih buruk dan mudah hancur dibanding saudara perempuan, sebaiknya ditelaah tentang habbit, keseharian dan bagaimana diri kita menjaga kebersihan rongga mulut bahkan rutinitas kontrol gigi.

Baca juga: drg. Anastasia Sampaikan Tips Membersihkan Rongga Mulut Anak agar Terhindar dari Karies Gigi

Karena pada beberapa kasus anomali gigi dan jaringan pendukung gigi, ketika belum parah dan belum mencapai lapisan ketiga gigi yaitu pulpa biasanya tidak dikeluhkan sebagai sesuatu yang mengganggu.

Bahkan ada beberapa kasus kondisi gigi hingga terjadi pulptis atau terjadi radang pulpa, bahkan terjadi kasus nekrosis, gangren atau matinya jaringan pulpa juga membusuknya gigi pasien tidak begitu menyadarinya.

Ini disampaikan pada channel YouTube Warta Kota bersama dengan drg. R. Ngt. Anastasia Ririen Pramudyawati. Seorang dokter gigi.

(TribunHealth.com/Putri Pramesti Anggraini)

Selanjutnya
Penulis: Putri Pramestianggraini
Editor: Melia Istighfaroh
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved