Breaking News:

Dokter Gigi Tegaskan bahwa Behel Harus Digunakan oleh Orang yang Peduli Terhadap Kebersihan Mulutnya

Menurut drg. H. Rahmat Juliadi, M.H. Kes seseorang yang menggunakan kawat gigi pasti mendapati kondisi yang sangat tidak nyaman di mulutnya.

pixabay.com
ilustrasi seseorang yang menggunakan kawat gigi, begini pemaparan drg. H. Rahmat Juliadi, M.H. Kes 

TRIBUNHEALTH.COM - Beberapa orang ingin menggunakan kawat gigi alias behel hanya karena ingin bergaya saja.

Kawat gigi dianggap bisa membuat gigi semakin menarik karena saat ini tersedia aneka warna yang lucu.

Padahal jika dilihat dari kegunaannya, tujuan utama dari pemasangan kawat gigi atau behel adalah untuk menyelaraskan gigi dan rahang agar bisa menggigit makanan dengan baik dan menghasilkan senyum yang indah.

"Jadi sebetulnya pada saat seseorang menggunakan kawat gigi itu otomatis dia akan mendapati kondisi yang sangat tidak nyaman di mulutnya. Karena itu ada benda asing yang sangat banyak di dalam mulutnya," terang Dokter Gigi, drg. H. Rahmat Juliadi, M.H. Kes.

Baca juga: Bolehkah Membuka Mulut Terlalu Lebar? Dokter Sebut Jika Sendi TMJ Miliki Keterbatasan Membuka Mulut

Pernyataan ini disampaikan oleh Dokter Gigi, drg. H. Rahmat Juliadi, M.H. Kes yang dilansir oleh Tribunhealth.com dalam tayangan YouTube Tribunjabar video program Tribun Health edisi 27 Juli 2022.

ilustrasi seseorang yang menggunakan kawat gigi, simak penjelasan drg. H. Rahmat Juliadi, M.H. Kes
ilustrasi seseorang yang menggunakan kawat gigi, simak penjelasan drg. H. Rahmat Juliadi, M.H. Kes (orami.co.id)

Baca juga: Memiliki Makna yang Berbeda, dr. Karina Ansheila, M.Kes Paparkan Perbedaan dari ODGJ dan ODGM

"Ada alat-alat yang terpasang yang tentu itu berkonsekuensi. Pertama selain tidak nyaman tentu ada rasa sakit, ada rasa ngilu karena giginya akan tertarik, tertekan, akan terdorong bagaimana fungsi dari alat-alat tersebut," imbuh Dokter Gigi, drg. H. Rahmat Juliadi, M.H. Kes.

"Nah, jadi pada saat orang pakai alat ortodonti itu, itu konsekuensinya dia sebetulnya sangat tidak nyaman. Jangankan ada alat sebanyak itu, kalau makan ada yang nyelip aja sedikit makanan kecil kan kita tidak nyaman. Apalagi ada alat sebanyak itu," timpal Dokter Gigi, drg. H. Rahmat Juliadi, M.H. Kes.

"Nah, oleh karenanya pada saat orang yang menggunakan alat ortodonti atau pasang behel gigi tersebut pada saat dia makan misalkan. Maka konsekuensinya makanan-makanan yang dia makan itu akan tersangkut, akan nempel kepada alat-alat ortodontik itu" tambahnya.

Dokter Gigi, drg. H. Rahmat Juliadi, M.H. Kes menegaskan jika orang-orang yang menggunakan alat-alat ortodonti itu haruslah orang yang sangat peduli dan perhatian terhadap kebersihan mulutnya.

Baca juga: dr. Ammarilis Murastami, Sp.KK Ingatkan untuk Menandai Apa Saja yang Mencetuskan Alergi

ilustrasi seseorang yang telah melakukan pemasangan kawat gigi, simak penuturan drg. H. Rahmat Juliadi, M.H. Kes
ilustrasi seseorang yang telah melakukan pemasangan kawat gigi, simak penuturan drg. H. Rahmat Juliadi, M.H. Kes (freepik.com)

Baca juga: Bolehkah Konsumsi Obat Alergi Kulit Meskipun Tidak Sedang Kambuh? Begini Tanggapan dr. Ammarilis

Pasalnya pemeliharaan kesehatan giginya harus lebih intensif dibanding dengan orang-orang yang tidak menggunakan kawat gigi.

Hal ini karena pada saat menggunakan kawat gigi pasti ketika makan akan menempel dan akan terlihat kurang bagus apabila diamati.

"Mangkanya orang-orang yang dipasang kawat gigi itu harus orang-orang yang sangat peduli, orang-orang yang sangat perhatian, orang-orang yang sangat intensif membersihkan kawat giginya," kata Dokter Gigi, drg. H. Rahmat Juliadi, M.H. Kes.

"Kalau orangnya tidak peduli, tidak memperhatikan kesehatan gigi dan mulutnya maka konsekuensinya giginya itu akan pada rusak. Karena makanan-makanan yang dia makan akan menempel di kawat gigi tersebut. Tentu disana akan terlibat bakteri dan akhirnya giginya bisa pada rusak," papar Dokter Gigi, drg. H. Rahmat Juliadi, M.H. Kes.

Baca juga: Mochi Lift dan Mochi Jawline Bisa Dikombinasikan dengan Treatment Botox? Berikut Penjelasan Dokter

ilustrasi seseorang yang menggunakan kawat gigi, begini penjelasan drg. H. Rahmat Juliadi, M.H. Kes
ilustrasi seseorang yang menggunakan kawat gigi, begini penjelasan drg. H. Rahmat Juliadi, M.H. Kes (freepik.com)

Baca juga: Anak Sering Pilih-pilih Makanan? Prof. Harsono Sarankan untuk Memberikan Makanan yang Variatif

Penjelasan Dokter Gigi, drg. H. Rahmat Juliadi, M.H. Kes yang dilansir oleh Tribunhealth.com dalam tayangan YouTube Tribunjabar video program Tribun Health edisi 27 Juli 2022.

(Tribunhealth.com/DN)

Baca berita lain tentang kesehatan di sini.

Penulis: Dhiyanti Nawang Palupi
Editor: Ekarista Rahmawati
Ikuti kami di
Data Berhasil Terkirim!
Data Harus Diisi!
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved