Breaking News:

Sedang Merencanakan Diet Rendah Karbohidrat? Ini Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi

Diet rendah karbohidrat adalah diet untuk mengurangi konsumsi karbohidrat dan sebaliknya mengonsumsi protein, lemak sehat, dan sayuran

health.kompas.com
ilustrasi diet karbo 

TRIBUNHEALTH.COM - Diet rendah karbohidrat merupakan salah satu tren diet untuk penurunan berat badan.

Diet rendah karbohidrat mengacu pada saat seseorang mengurangi konsumsi karbohidrat dan sebaliknya mengonsumsi protein, lemak sehat, dan sayuran.

Ini membantu dalam penurunan berat badan cepat dengan mengurangi keinginan untuk makan, dilansir TribunHealth.com dari India Times.

Karbohidrat sendiri adalah salah satu jenis makanan utama yang dibutuhkan tubuh.

Saat mengonsumsi karbohidrat, tubuh memecahnya untuk mendapatkan energi.

Ketika tubuh tidak membutuhkan karbohidrat itu segera, tubuh menyimpannya di otot dan hati.

Ketika karbohidrat yang disimpan ini tidak digunakan untuk waktu yang lama, tubuh mengubahnya menjadi lemak.

Diet rendah karbohidrat

ilustrasi makanan tinggi karbohidrat
ilustrasi makanan tinggi karbohidrat (health.kompas.com)

Diet rendah karbohidrat dapat mencakup berbagai jenis diet dan dapat menyebabkan penurunan berat badan.

Penurunan berat badan melalui diet rendah karbohidrat efektif karena mengurangi nafsu makan Anda.

2 dari 2 halaman

Anda akhirnya makan lebih sedikit kalori bahkan tanpa merasa lapar, karena protein dan lemak membuat Anda kenyang.

Diet rendah karbohidrat juga mempercepat proses penurunan berat badan dalam enam bulan pertama, dan membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat, jika itu yang Anda butuhkan.

Baca juga: Konsumsi Mangga Baik untuk Pencernaan, Kaya Amilase yang Pecah Karbohidrat jadi Gula Kompleks

Dasar-dasar diet rendah karbohidrat adalah makan makanan kaya protein seperti daging, ikan dan telur atau tahu, kedelai dan kacang-kacangan jika Anda seorang vegetarian atau vegan.

Protein ditambah dengan lemak alami seperti mentega, kacang-kacangan, biji-bijian dan minyak bersama dengan sayuran berdaun hijau.

Perlu diingat untuk menghindari makanan yang mengandung gula dan bertepung seperti roti, nasi, kentang, buah-buahan, coklat, soda dan sebagainya.

Berikut adalah panduan rinci tentang makanan yang harus dimakan dan dihindari.

Makanan yang bisa dimakan

ilustrasi daging
ilustrasi daging sebagai bagian dari diet rendah karbohidrat (kompas.com)

Baca juga: Orang dengan Arthritis Perlu Membatasi Asupan Gula hingga Daging Merah, Berikut Ini Alasannya

  • Daging: Ayam, domba, dan sapi semuanya termasuk dalam kategori ini. Ini adalah makanan kaya protein yang membantu Anda merasa kenyang dan memuaskan rasa lapar Anda.
  • Ikan dan makanan laut: Salmon, mackerel, trout, haddock, dan sarden kaya akan lemak sehat dan dapat bermanfaat bagi Anda karena kandungan omega-3-nya.
  • Telur: Telur dalam bentuk apapun - baik itu telur dadar, direbus, orak-arik atau digoreng, kaya akan protein dan juga lemak. Telur yang kaya omega-3 juga merupakan pilihan yang baik.
  • Sayuran berdaun hijau seperti Selada, kembang kol, kubis, brokoli, bayam bersama dengan zucchini, terong, mentimun, wortel, jamur, bawang bombay dan tomat rendah karbohidrat. Sayuran yang tumbuh di atas tanah harus menjadi pilihan untuk dikonsumsi.
  • Produk susu: Susu, yogurt, mentega, keju, dan krim dapat dikonsumsi tanpa ragu-ragu. Anda dapat mengkonsumsi versi penuh lemak ini tanpa kompromi. Hindari produk rendah lemak dan beraroma sambil mengawasi 'tambahan gula'.
  • Kacang-kacangan seperti almond, walnut, dan kacang mete yang tinggi lemak dan biji-bijian seperti biji bunga matahari juga bisa menjadi bagian dari diet Anda. Selai kacang seperti selai kacang juga bisa dikonsumsi.
  • Minyak: Anda dapat menggunakan minyak kelapa dan minyak zaitun dalam makanan Anda saat mengikuti diet rendah karbohidrat.
  • Buah-buahan: Buah-buahan rendah karbohidrat seperti apel, jeruk dan stroberi dapat dikonsumsi dan itu juga dalam jumlah sedang. Buah-buahan seperti pisang perlu dihindari.

Makanan yang harus dihindari

Ilustrasi konsumsi gula harus dihindari saat diet rendah karbohidrat
Ilustrasi konsumsi gula harus dihindari saat diet rendah karbohidrat (Pixabay)

Baca juga: 4 Keunggulan Jeroan yang Kerap Dianggap Sebagai Pemicu Kolesterol

  • Gula: Gula harus sangat dihindari. Gula hadir dalam produk seperti coklat, es krim, soda atau jus, kue, kue kering, sereal sarapan, roti dan permen. Carilah produk dengan 'tambahan gula' dan jangan mengkonsumsinya. Pemanis buatan juga harus dihindari.
  • Pati: Gandum, tepung, barley, beras adalah sereal olahan tinggi karbohidrat yang harus dihindari. Roti, pasta, muesli, bubur dan bakpao juga harus dihindari.
  • Sayuran berkarbohidrat tinggi Kentang dan kacang-kacangan adalah beberapa sayuran berkarbohidrat tinggi yang perlu dihindari. Hampir semua sayuran bawah tanah seperti ubi jalar, jagung, ubi, labu mengandung karbohidrat tinggi dan harus dihindari.
  • Buah-buahan: Sementara buah-buahan yang kebanyakan berry dapat dikonsumsi, buah-buahan lain seperti pisang, mangga, anggur dan nanas tinggi karbohidrat dan gula yang harus dihindari.
  • Lemak trans: Minyak terhidrogenasi atau minyak nabati, beberapa jenis popcorn dan makanan cepat saji yang digoreng mengandung lemak trans yang tidak sehat dan tidak boleh dikonsumsi.
  • Produk olahan tinggi dan rendah lemak: Dalam upaya Anda menurunkan berat badan, jangan menghindari lemak dengan memilih produk rendah lemak. Makanan olahan yang sarat dengan gula dan karbohidrat yang perlu dihindari.

Baca berita lain tentang kesehatan umum di sini.

(TribunHealth.com/Nur)

Selanjutnya
Penulis: Ahmad Nur Rosikin
Editor: Ekarista Rahmawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved