Breaking News:

Memiliki Efek Samping Pasca Operasi Bedah Plastik, Berikut Ini Efek Samping yang Dapat Terjadi

Berikut ini penjelasan dr. Sandy Sofian Sopandi, Sp.BP-RE, mengenai efek samping yang dapat terjadi pasca operasi bedah plastik.

freepik.com
ilustrasi konsultasi dengan dokter bedah plastik 

TRIBUNHEALTH.COM - Operasi bedah plastik adalah suatu prosedur pembedahan yang dilakukan oleh dokter spesialis bedah plastik yang bertujuan untuk melakukan rekonstruksi atau membenarkan bagian tubuh yang membutuhkan suatu pembenaran atau perawatan.

Operasi bedah plastik tak hanya ditujuan untuk bagian wajah saja, karena memang operasi bedah plastik memiliki lingkup yang sangat luas.

Selain wajah, operasi bedah plastik juga dapat dilakukan di bagian tubuh lainnya mulai dari bagian kepala hingga bagian kaki, serta dari kulit hingga tulang.

Baca juga: Mengenal Operasi Bedah Plastik dan Kondisi yang Membutuhkan Operasi Bedah Plastik

Ilustrasi melakukan operasi bedah plastik
Ilustrasi melakukan operasi bedah plastik (Serambinews.com)

Menurut penuturan dr. Sandy Sofian Sopandi Sp.BP-RE, bedah plastik terbagi menjadi dua jenis, yaitu bedah plastik rekonstruksi dan bedah plastik estetika.

Operasi bedah plastik rekonstruksi berguna untuk memperbaiki anggota tubuh yang mengalami kecacatan akibat terjadinya suatu penyakit atau cidera.

Sedangkan operasi bedah plastik estetika adalah tindakan bedah yang dilakukan oleh dokter dengan untuk memperbaiki fisik yang sehat (tidak cacat) yang bertujuan untuk mencapai penampilan yang lebih menarik sesuai dengan keinginan pasien itu sendiri.

Baca juga: Persiapan yang Perlu Dilakukan Sebelum Melakukan Operasi Bedah Plastik, Berikut Penjelasan Dokter

Ilustrasi melakukan operasi bedah plastik
Ilustrasi melakukan operasi bedah plastik (Freepik.com)

Dilansir TribunHealth.com, Dokter Spesialis Bedah Plastik dan Rekonstruksi Estetik, dr. Sandy Sofian Sopandi, Sp.BP-RE memberikan penjelasan dalam tayangan YouTube Tribun Jabar Video.

Operasi bedah plastik merupakan tindakan bedah yang dilakukan pada lokasi tertentu yang membutuhkan pembenaran, seperti pada bagian wajah.

Ketika wajah dilakukan sayatan, sudah pasti akan meninggalkan efek samping atau akan muncul risiko setelah dilakukan suatu sayatan atau pembedahan pada wajah atau pada bagian tubuh lainnya.

Oleh karena itu, jika pasca operasi bedah plastik terdapat efek samping yang muncul merupakan suatu hal wajar dan tidak perlu dikhawatirkan, karena dokter akan memberikan perawatan pada efek samping tersebut sehingga pemulihan dapat berjalan dengan cepat.

Baca juga: Operasi Bedah Plastik Dinilai Dapat Meningkatkan Kualitas Hidup Pasien, Berikut Penjelasan dr. Sandy

Ilustrasi melakukan operasi bedah plastik
Ilustrasi melakukan operasi bedah plastik (freepik.com)
2 dari 3 halaman

"Jadi untuk operasi bedah plastik itu sudah pasti akan ada risiko atau efek samping dan juga bisa terjadi komplikasi," tutur dr. Sandy.

"Kalau untuk risiko mau tidak mau pasti akan terjadi setelah operasi bedah plastik, seperti terjadinya memar dan bengkak."

"Namun memar dan bengkak tersebut dapat dilakukan perawatan supaya memar dan bengkaknya segera hilang."

Baca juga: dr. Sandy Sofian : Luka Bakar Dapat Diatasi dengan Operasi Bedah Plastik, Berikut Ulasannya

Ilustrasi melakukan operasi bedah plastik
Ilustrasi melakukan operasi bedah plastik (kompas.com)

dr. Sandy menyebutkan, untuk memar dan bengkak pasca operasi biasanya dokter akan memberikan obat-obatan dan melakukan perawatan luka tersebut agar segera hilang dan pasien tetap bisa melakukan aktivitas dengan nyaman.

Berbeda dengan komplikasi, komplikasi terjadi ketika hal yang sudah kita persiapkan dengan baik, namun ada sesuatu yang tidak berjalan sesuai dengan keinginan atau kehendak kita.

Untuk menghindari dan meminimalisir terjadinya komplikasi ini, maka pentingnya melakukan perencanaan, persiapan, hingga konsultasi dengan dokter.

Menurut dr. Sandy, risiko yang terjadi pada masing-masing pasien akan berbeda-beda setiap individunya.

Baca juga: dr. Sandy Sofian Paparkan Waktu yang Dibutuhkan untuk Operasi Bedah Plastik hingga Proses Recovery

Ilustrasi konsultasi dengan dokter bedah plastik sebelum melakukan operasi bedah plastik
Ilustrasi konsultasi dengan dokter bedah plastik sebelum melakukan operasi bedah plastik (health.grid.id)

Ada beberapa pasien yang memiliki memar dan bengkak yang cukup parah setelah melakukan operasi, namun terdapat juga pasien yang hanya memiliki memar dan bengkak yang ringan.

"Bagaimanapun risiko yang terjadi pada pasien tersebut, dokter akan memberikan perawatan agar bengkak ataupun memar setelah operasi segera membaik."

Memar dan bengkak adalah hal yang wajar terjadi pasca melakukan operasi bedah plastik, oleh karena itu pasien tidak perlu khawatir akan hal tersebut.

3 dari 3 halaman

Karena memar dan bengkak tetap akan mendapatkan perawatan dari dokter, sehingga pemulihan pasien dapat berjalan dengan cepat dan pasien dapat melakukan aktivitas kembali tanpa gangguan dan hambatan.

Penjelasan tersebut disampaikan oleh Dokter Spesialis Bedah Plastik dan Rekonstruksi Estetik, dr. Sandy Sofian Sopandi, Sp.BP-RE dalam tayangan YouTube Tribun Jabar Video pada 20 Juni 2022.

Baca berita lain seputar kesehatan di sini

(Tribunhealth.com/IR)

Selanjutnya
Penulis: Irma Rahmasari
Editor: Melia Istighfaroh
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved