Breaking News:

dr. Sandy Sofian Paparkan Waktu yang Dibutuhkan untuk Operasi Bedah Plastik hingga Proses Recovery

Menurut dr. Sandy Sofian Sopandi, Sp.BP-RE, waktu yang dibutuhkan untuk operasi bedah plastik hingga recovery akan berbeda setiap masing-masing pasien

freepik.com
ilustrasi konsultasi dengan dokter bedah sebelum melakukan operasi bedah plastik 

TRIBUNHEALTH.COM - Operasi bedah plastik adalah salah satu operasi yang dilakukan oleh dokter spesialis bedah dengan tujuan untuk melakukan rekonstruksi wajah dan anggota tubuh lainnya.

Banyak yang beranggapan bahwa bedah plastik hanya ditujukan untuk estetika saja, namun operasi bedah plastik juga dapat menyembuhkan orang yang sakit.

Menurut dr.Sandy Sofian Sopandi Sp.BP-RE, operasi bedah plastik dibagi menjadi dua jenis yaitu operasi bedah plastik rekonstruksi dan operasi bedah plastik estetika.

Baca juga: Mengenal Operasi Bedah Plastik dan Kondisi yang Membutuhkan Operasi Bedah Plastik

Ilustrasi melakukan operasi bedah plastik
Ilustrasi melakukan operasi bedah plastik (Freepik.com)

Operasi bedah plastik rekonstruksi berguna untuk memperbaiki anggota tubuh yang mengalami kecacatan akibat terjadinya suatu penyakit atau cidera.

Operasi bedah plastik rekonstruksi ditujukan untuk permasalahan seperti gangguan kelahiran atau cacat bawaan misalnya bibir sumbing, luka bakar, hingga mengatasi trauma yang terjadi akibat kecelakaan.

Sedangkan operasi bedah plastik estetika adalah tindakan bedah yang dilakukan oleh dokter dengan untuk memperbaiki fisik yang sehat (tidak cacat) yang bertujuan untuk mencapai penampilan yang lebih menarik sesuai dengan keinginan pasien itu sendiri.

Baca juga: Operasi Bedah Plastik Rekonstruksi Dapat Dilakukan untuk Mengatasi Permasalahan Bibir Sumbing

ilustrasi konsultasi dengan dokter bedah sebelum melakukan operasi bedah plastik
ilustrasi konsultasi dengan dokter bedah sebelum melakukan operasi bedah plastik (freepik.com)

Dilansir TribunHealth.com, Dokter Spesialis Bedah Plastik dan Rekonstruksi Estetik, dr. Sandy Sofian Sopandi, Sp.BP-RE memberikan penjelasan dalam tayangan YouTube Tribun Jabar Video.

dr. Sandy Sofian Sopandi, Sp.BP-RE menyampaikan, durasi yang dibutuhkan untuk operasi bedah plastik beragam dan tergantung dari seberapa kompleks masalah yang sedang ditangani.

"Dari prosedurnya itu yang paling sebentar adalah setengah jam dan yang paling lama bisa sampai 8 jam atau bahkan lebih," tutur dr. Sandy.

"Durasi waktu tersebut tidak bisa disamakan, hal ini tergantung dari apa yang sedang dikerjakan."

Baca juga: Dokter Estetika, dr. Hafid Ernanda Paparkan Tahapan Treatment Hydrafacial, Simak Penjelasannya

Ilustrasi melakukan operasi bedah plastik
Ilustrasi melakukan operasi bedah plastik (Kompas.com)
2 dari 3 halaman

Sedangkan untuk recovery atau penyembuhannya juga beragam tergantung dari kasus yang dialami oleh masing-masing pasien, dan tidak bisa disamakan satu sama lain.

Beberapa pasien ada yang mengalami recovery yang cepat, misalnya pagi hari operasi, sore hari sudah bisa beraktivitas seperti biasa dan sudah diperbolehkan untuk jalan-jalan.

Namun terdapat juga pasien yang harus beristirahat lebih lama, ada yang harus dipasang gips setelah operasi yang bertujuan untuk mempercepat penyembuhan luka sehingga penyembuhan luka tidak terganggu dengan gerakan pasien tersebut.

Selain itu terdapat juga pasien yang harus pantang aktivitas yang berat terlebih dahulu setelah melakukan operasi bedah plastik.

Baca juga: Memiliki Perbedaan, dr. Vonny Ovia R, Dipl.CIBTAC Paparkan Perbedaan Tanam Benang dan Tarik Benang

Ilustrasi melakukan operasi bedah plastik
Ilustrasi melakukan operasi bedah plastik (Kompas.com)

"Kalau misalnya recovery memang bervariasi sekali ya, tapi sebagian besar bisa langsung beraktivitas kembali seperti biasanya," terang dr. Sandy.

"Selain itu, recovery tersebut juga tergantung dari scars atau bekas luka yang dialami oleh pasien."

"Karena operasi bedah plastik tidak hanya untuk membenarkan kondisi pasien, namun saat operasi bedah plastik dokter juga mempertimbangkan hasil bekas luka tersebut kedepannya akan seperti apa."

Baca juga: Permasalahan Kulit Kendur Dapat Diatasi dengan Tarik Benang Hingga HIFU, Berikut Ulasan dr. Vonny

ilustrasi konsultasi dengan dokter bedah sebelum melakukan operasi bedah plastik
ilustrasi konsultasi dengan dokter bedah sebelum melakukan operasi bedah plastik (freepik.com)

"Oleh karena itu, proses follow up dari pasien bedah plastik akan lebih lama daripada pasien pada umumnya."

"Misalnya luka itu hanya kecil dan membutuhkan jahitan yang kecil, setelah dijahit luka akan kering dan membentuk bekas luka. Bekas luka tersebut akan menjalani proses pematangan."

"Kondisi tersebut dapat berlangsung minimal 6 bulan, selama 6 bulan itu kita jaga bekas lupanya supaya hasil bekas lukanya lebih samar dan tidak terlihat," jelas dr. Sandy.

3 dari 3 halaman

Penjelasan tersebut disampaikan oleh Dokter Spesialis Bedah Plastik dan Rekonstruksi Estetik, dr. Sandy Sofian Sopandi, Sp.BP-RE dalam tayangan YouTube Tribun Jabar Video pada 20 Juni 2022.

Baca berita lain seputar kesehatan di sini

(Tribunhealth.com/IR)

Selanjutnya
Penulis: Irma Rahmasari
Editor: Melia Istighfaroh
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved