Breaking News:

Kabar Baik, Kasus Covid-19 Tetap Terkendali Pasca Periode Libur dan Aktivitas Masyarakat yang Tinggi

Menurut Prof. Wiku Adisasmito,Ph.D kasus nasional masih tergolong terkendali pasca periode libur dengan mobilitas dan aktivitas masyarakat yang tinggi

health.grid.id
Ilustrasi perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia, menurut Prof. Wiku Adisasmito, Ph. D masih tergolong terkendali 

TRIBUNHEALTH.COM - Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 Nasional, Prof. Wiku Adisasmito, Ph. D memaparkan perkembangan penanganan Covid-19 di Indonesia secara umum dan secara khusus mengenai implementasi protokol kesehatan.

Berdasarkan data pada tanggal 22 Mei 2022 menunjukkan bahwa saat ini kasus nasional masih tergolong terkendali pasca periode libur dengan mobilitas dan aktivitas masyarakat yang tinggi.

Capaian baik ini tentu perlu untuk dipertahankan mengingat tidak pernah luput dari lonjakan kasus pada periode libur panjang sebelumnya.

Pemerintah menyadari masih ada faktor di samping aktivitas dan mobilitas masyarakat yang dapat mempengaruhi penambahan kasus seperti keberadaan varian baru serta kekebalan komunitas.

Baca juga: Dokter Anjurkan Selama MPASI Anak Diberi Beragam Jenis Makanan Sehingga Mengenal Variasi Makanan

Hal ini disampaikan oleh Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 Nasional, Prof. Wiku Adisasmito, Ph. D yang dilansir oleh Tribunhealth.com dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden edisi 27 Mei 2022.

Ilustrasi kasus Covid-19 yang terkendali pasca libur panjang
Ilustrasi kasus Covid-19 yang terkendali pasca libur panjang, Prof. Wiku Adisasmito, Ph. D paparkan tiga faktor kunci yang bisa dilakukan pada aktivitas sehari-hari  (health.grid.id)

Baca juga: dr. Zahra Ayu Paparkan Perbedaan Penyakit Cacar Air dan Cacar Monyet, Berikut Penjelasannya

Namun kita semua juga telah bersama-sama belajar, terdapat tiga faktor kunci yang bisa dilakukan pada aktivitas sehari-hari, yaitu:

1. Perilaku hidup bersih dan sehat

2. Kesadaran untuk di tes ketika memiliki riwayat yang berisiko atau merasa bergejala

3. Kesadaran mengisolasi diri ketika teridentifikasi positif

Apabila dilihat secara lebih mendalam, kasus positif nasional kembali mengalami tren penurunan.

Baca juga: drg. Ardiansyah S. Pawinru, Sp.Ort(K) Sebut Jika Headgear Bisa Dilepas Pasang Tanpa ke Dokter Gigi

"Apabila pada pekan lalu kasus yang pada mulanya hanya bertambah sekitar 1.300 kasus, sedikit mengalami kenaikan menjadi 2.300 kasus dan pada pekan lalu angkanya kembali menurun pada kisaran 1.500 kasus," paparnya.

Kenaikan kasus yang sempat terjadi cenderung tidak signifikan jika dibandingkan dengan kenaikan kasus yang telah dialami pada periode libur panjang sebelumnya.

Terlebih juga jika pada tanggal 15 Mei 2022 terdapat 24 provinsi yang mengalami kenaikan kasus mingguan di tengah penurunan kasus positif nasional, pada pekan ini provinsi yang mengalami penurunan kasus positif sudah jauh lebih sedikit.

Serta per tanggal 22 Mei 2022 hanya terdapat 10 provinsi yang mengalami kenaikan kasus dan yang mengalami kenaikan tertinggi adalah Maluku, Lampung, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tengah, Kepulauan Riau, Jawa Tengah, Aceh, Bengkulu, Nusa Tenggara Barat, dan Gorontalo.

Baca juga: Prof. Dr. dr. Harsono Salimo, Sp.A (K) Mengimbau Agar Sejak Awal Anak Diberi MPASI yang Bervariasi

Ilustrasi Covid-19 di Indonesia
Ilustrasi Covid-19 di Indonesia, Prof. Wiku Adisasmito, Ph. D ungkap 10 provinsi yang mengalami kenaikan kasus (tribunnews.com)

Baca juga: dr. Hafid Ernanda Imbau untuk Melakukan Pengulangan Penggunaan Sunscreen Setiap 3 Jam Sekali

Meskipun demikian, kenaikan kasus pada provinsi-provinsi ini cenderung kecil, yaitu pada kisaran 1 hingga 16 kasus dalam 1 minggunya.

Menurut Prof. Wiku Adisasmito, Ph. D ini adalah sinyal positif dan kontribusi positif pada penyelenggaraan Community Based Disaster Risk Reduction (CBDRR) di Indonesia pada minggu ini.

Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 Nasional, Prof. Wiku Adisasmito, Ph.D. mengatakan jika data menunjukkan adanya fluktuasi pada jumlah orang yang dilakukan tes pada 4 pekan terakhir dengan adanya sedikit kenaikan pada minggu kedua bulan Mei pasca periode mudik.

Baca juga: Dalam Menghilangkan Double Chin, Disarankan untuk Melakukan Multi Treatment Agar Lebih Optimal

Penjelasan Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 Nasional, Prof. Wiku Adisasmito, Ph. D dilansir oleh Tribunhealth.com dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden edisi 27 Mei 2022.

(Tribunhealth.com/DN)

Baca berita lain tentang kesehatan di sini.

Penulis: Dhiyanti Nawang Palupi
Editor: Ekarista Rahmawati
Ikuti kami di
Data Berhasil Terkirim!
Data Harus Diisi!
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved