Breaking News:

Tingkatkan Kekebalan Tubuh Tak Cukup Konsumsi Buah dan Sayur, Perlu Diimbangi Olahraga

Tanpa pertahanan alami, tubuh harus bekerja ekstra keras ketika melawan suatu virus atau penyakit lain

Pixabay
Ilustrasi berolahraga untuk tingkatkan kekebalan alami 

TRIBUNHEALTH.COM - Buah dan sayuran berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, diimbangi dengan sejumlah kebiasaan lain.

Hal itu disampaikan oleh ilmuwan senior dan pemimpin tim imunologi nutrisi di Tufts University's Jean Mayer USDA Human Nutrition Research Center on Aging, Dr. Simin Meydani.

Jika ingin memaksimalkan dampak makanan pada sistem kekebalan, perlu meningkatkan jumlah buah dan sayuran yang dikonsumsi setiap hari secara dramatis, saran Meydani, dilansir TribunHealth.com dari CNN.

Timnya menyelidiki respons imun pada hewan yang diberi makan dua hingga tiga porsi buah dan sayuran sehari, dan membandingkannya dengan mereka yang makan lima hingga enam porsi sehari atau delapan hingga sembilan porsi sehari.

"Delapan hingga sembilan porsi sehari adalah di mana kami melihat efek terbaiknya," kata Meydani.

"Jadi tidak hanya meningkatkan asupan sedikit, Anda harus meningkatkannya secara substansial. Orang perlu bekerja untuk mencapai tingkat itu."

Buah dan sayur juga cegah penyakit berbahaya

ilustrasi stroke
ilustrasi stroke (tribunnews.com)

Baca juga: Tahukah Anda Jika Keberadaan Karang Gigi Memicu Penyakit Stroke? Berikut Penjelasan drg. Anastasia

Baca juga: Penelitian Ungkap Rutin Minum Teh dan Kopi Bisa Turunkan Risiko Stroke dan Demensia

Menemukan cara untuk memasukkan buah-buahan dan sayuran ke dalam setiap makanan dan camilan di siang hari mungkin lebih dari sekadar meningkatkankekebalan.

Sebuah studi tahun 2017 menemukan penurunan yang signifikan dalam risiko serangan jantung, stroke, kanker dan kematian dini dengan makan 10 porsi buah dan sayuran setiap hari.

Pedoman diet saat ini di Amerika Serikat merekomendasikan setidaknya 2 cangkir buah dan 2,5 cangkir sayuran dikonsumsi sehari.

Namun survei oleh Departemen Pertanian AS menemukan bahwa rata-rata orang Amerika hanya makan 0,9 cangkir buah dan 1,4 cangkir sayuran per hari.

Ini bukan hanya orang Amerika.

Satu dari 5 kematian secara global -- yaitu sekitar 11 juta orang -- terjadi karena terlalu banyak natrium dan kekurangan biji-bijian, buah, dan kacang-kacangan, sebuah studi tahun 2017 menemukan.

Tak cukup hanya makan buah dan sayur

Ilustrasi olahraga tingkatkan kekebalan alami
Ilustrasi olahraga tingkatkan kekebalan alami (Pixabay)

Baca juga: 5 Manfaat Olahraga Selain untuk Keburagan Tubuh, Bantu Tidur Lebih Nyenyak hingga Buat Otak Prima

Seberapa kekebalan tubuh yang bisa ditingkatkan tergantung dengan usia, kesehatan secara keseluruhan, dan tingkat stres, menurut Meydani.

Selain makan dengan baik, penting untuk menjaga berat badan yang sehat, mengurangi stres, mendapatkan tidur yang berkualitas, dan olahraga teratur.

Semua itu turut menjaga pertahanan alami.

Tanpa dasar yang sehat itu, tubuh harus bekerja lebih keras untuk melumpuhkan virus dan masalah lain -- dan bahkan mungkin bisa kalah.

Ilustrasi sayuran hijau agar kadar asam urat terkontrol
Ilustrasi sayuran hijau agar kadar asam urat terkontrol (m.tribunnews.com)

Baca juga: Feses Bertekstur Keras Akibat Kurang Konsumsi Sayur dan Buah Menyebabkan Gangguan Defekasi

Baca juga: dr. Erwin: Konsumsi Buah dan Sayur Berpengaruh Terhadap Defekasi Setiap Hari dengan Benar

“Pertahanan terbaik melawan ancaman akut virus corona adalah kesehatan yang baik secara kronis,” kata Dr. David Katz, pendiri dan Presiden True Health Initiative.

True Health Initiative merupakan sebuah organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk mempromosikan pengobatan gaya hidup berbasis bukti.

"Jika Anda menghadapi virus seminggu dari sekarang, dua minggu dari sekarang, tiga minggu dari sekarang, ada kemungkinan Anda akan melakukan yang lebih baik karena apa yang Anda lakukan dengan diet Anda sekarang," katanya.

Baca berita lain tentang kesehatan umum di sini.

(TribunHealth.com/Nur)

Penulis: anrosikin
Editor: Melia Istighfaroh
Ikuti kami di
Data Berhasil Terkirim!
Data Harus Diisi!
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved