Breaking News:

Dokter Jelaskan Efek Samping Booster Vaksin Covid-19, Tubuh Merasa Lelah dan Nyeri di Area Lengan

Dr Hilary Jones efek samping tersebut masih layak jika dibanding kekebalan yang didapatkan

Tribunnews/Irwan Rismawan
ILUSTRASI Vaksinasi - Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin Covid-19 pada warga saat vaksinasi Covid-19 keliling Polda Metro Jaya di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Kamis (25/6/2021) malam. Polda Metro Jaya menggelar vaksinasi Covid-19 keliling di kawasan titik pembatasan mobilitas saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro guna mempercepat target pemerintah menjalankan program vaksinasi Covid-19. 

TRIBUNHEALTH.COM - Dokter Inggris, Dr Hilary Jones menjelaskan efek samping booster vaksin terhadap kesehatan tubuh.

Dia menjelaskan, tubuh tentu saja akan sedikit lelah setelah menerima suntikan booster.

Efek ini sudah ditemukan pada suntikan pertama dan kedua vaksin Covid-19.

“Itu tentu saja akan membuat Anda merasa sedikit lelah," katanya dilansir TribunHealth.com dari Express.co.uk, Senin (22/11/2021).

“Anda akan mengalami sakit lengan karena di situlah reaksi terjadi, yang merupakan hal yang baik, itu berarti vaksin telah diambil, dan perasaan lelah itu berlangsung tidak lebih dari beberapa jam."

Baca juga: Pemerintah Pastikan Ketersediaan Vaksin COVID-19 Aman hingga Akhir Tahun, Begini Ulasan dr. Reisa

Baca juga: WHO Nyatakan Vaksin COVID-19 Efektif Mengurangi Rawat Inap dan Risiko Kematian

ILUSTRASI Vaksinasi - Petugas kesehatan melakukan imunisasi terhadap seorang anak di balai warga Pademangan Timur, Jakarta Utara, Jumat (23/10/2020). Kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) berlangsung pada 21 Oktober hingga 9 November mendatang dengan target 1.720 siswa sekolah dasar. Dengan imunisasi ini diharapkan dapat memberikan perlindungan kesehatan jangka panjang bagi anak-anak di wilayah Pademangan. Kabar terbaru, Vaksin Sinovac Boleh untuk Usia 6-11 Tahun, Ini Alasan Anak Harus Divaksin.
ILUSTRASI Vaksinasi - Petugas kesehatan melakukan imunisasi terhadap seorang anak di balai warga Pademangan Timur, Jakarta Utara, Jumat (23/10/2020). Kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) berlangsung pada 21 Oktober hingga 9 November mendatang dengan target 1.720 siswa sekolah dasar. Dengan imunisasi ini diharapkan dapat memberikan perlindungan kesehatan jangka panjang bagi anak-anak di wilayah Pademangan. Kabar terbaru, Vaksin Sinovac Boleh untuk Usia 6-11 Tahun, Ini Alasan Anak Harus Divaksin. (Tribunnews/Jeprima)

"Dapat berlangsung pada beberapa orang selama beberapa hari, berarti tubuh Anda merespons dengan cara yang kita inginkan juga."

"Jadi efek samping kecil itu layak untuk ditebus sebagai harga yang Anda bayar untuk terlindungi dari penyakit yang mengerikan."

Dia menyebut vaksinasi cukup membantu selama pandemi.

"Kami tahu bahwa perlindungan yang diberikan ini kepada Anda terhadap infeksi simtomatik adalah 93 atau 94 persen."

Tekankan pentingnya protokol kesehatan

Ilustrasi Vaksin - Bukti vaksin menjadi salah satu syarat yang harus dimiliki oleh seluruh masyarakat, maka simak penjelasan tentang vaksinasi berikut ini.
Ilustrasi Vaksin - Bukti vaksin menjadi salah satu syarat yang harus dimiliki oleh seluruh masyarakat, maka simak penjelasan tentang vaksinasi berikut ini. (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

Baca juga: Virus Corona Menyebar pada Hewan, Vaksinasi Bisa Gagal Total jika Suatu Saat Bisa Tulari Manusia

Baca juga: BPOM Terbitkan Izin Penggunaan Vaksin Sinovac untuk Anak Usia 6-11 Tahun, Simak Ulasan Selengkapnya

Selain vaksinasi, Dr Hilary merekomendasikan penggunaan masker.

“Banyak penelitian berbeda, lebih dari 70 penelitian, dari seluruh dunia telah menunjukkan bahwa pemakaian masker mengurangi studi kasus sebesar 53 persen."

“Jadi kami sekarang memiliki bukti terukur bahwa mengenakan masker dalam situasi tertentu, jika Anda berada di dekat, terutama dengan orang asing di tempat yang tidak berventilasi, itu adalah hal yang baik untuk dilakukan."

"Serta menjaga jarak dan mencuci tangan," tambahnya.

Baca berita lain tentang kesehatan umum di sini.

(TribunHealth.com/Nur)

Penulis: anrosikin
Editor: Melia Istighfaroh
Ikuti kami di
Data Berhasil Terkirim!
Data Harus Diisi!
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved