Breaking News:

Prof. Dr. Taruna Ikrar Jadi Orang Indonesia Pertama yang Terpilih sebagai Direktur IAMRA

Prof. Dr. Taruna Ikrar terpilih sebagai Direktur IAMRA. Ia menjadi orang Indonesia pertama yang memimpin Konsil Dokter Sedunia.

Dok. Pribadi Prof. dr. Taruna Ikrar, M.Biomed, Ph.D.
Prof. dr. Taruna Ikrar, M.Biomed, Ph.D. pakar di bidang farmakologi, kardiologi, dan neurologi 

TRIBUNHEALTH.COM - Prof. Dr. Taruna Ikrar menjadi orang Indonesia pertama yang terpilih sebagai Direktur IAMRA (International Association of Medical Regulatory Authorities) atau Direktur Konsil Dokter Sedunia.

Dalam acara IAMRA Members General Assembly 2021 atau Sidang Umum Anggota IAMRA 2021 yang digelar secara virtual pada Selasa (26/10/2021) kemarin, Taruna Ikrar terpilih secara aklamasi menjadi Director of Members-at-Large: IAMRA untuk periode 2021-2024.

Acara tersebut dihadiri oleh utusan resmi Konsil Kedokteran seluruh dunia atau anggota IAMRA.

 Adapun jumlah anggota IAMRA yakni 200 lebih institusi resmi pemerintahan seluruh dunia.

Saat dihubungi TribunnewsWiki melalui aplikasi pesan singkat WhatsApp, Rabu (27/10/2021), Taruna Ikrar membenarkan bahwa dirinya merupakan orang Indonesia pertama yang terpilih menjadi Director of Members-at-Large: IAMRA.

Ketua Konsil Kedokteran, Prof. dr. Taruna Ikrar, M.Biomed, Ph.D, dan Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, berbicara dalam forum IAMRA 2021 Virtual Conference, 12-14 Oktober 2021
Ketua Konsil Kedokteran, Prof. dr. Taruna Ikrar, M.Biomed, Ph.D, dan Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, berbicara dalam forum IAMRA 2021 Virtual Conference, 12-14 Oktober 2021 (Press Release untuk TribunHealth.com)

Baca juga: Dalam IAMRA, Prof. dr. Taruna Ikrar Paparkan Pentingnya Regulasi Kesehatan di Era Globalisasi

Baca juga: Profil Prof. dr. Taruna Ikrar, M.Biomed, Ph.D. Profesor dan Ilmuwan yang Aktif di Tiga Benua

Selama 3 tahun ke depan, jebolan kedokteran Universitas Hasanuddin itu akan mengemban tugas sebagai Director of Members-at-Large: IAMRA.

"Iya, saya orang Indonesia pertama yang terpilih (jadi Director of Members-at-Large: IAMRA)," kata Taruna Ikrar, Rabu.

Terpilih menjadi Director of Members-at-Large: IAMRA periode 2021-2024, Taruna Ikrar mengaku menerima amanah yang tidak ringan untuk dilaksanakan.

Taruna mengungkapkan terpilihnya ia menjadi Director of Members-at-Large: IAMRA merupakan suatu kehormatan yang luar biasa bagi dia

"Ini, sebuah amanah yang berat dan juga merupakan kehormatan yang luar biasa," ungkapnya.

Baca juga: Prof. Taruna Ikrar dan Dirjen WHO Satu Suara, Tekankan Pentingnya Kolaborasi dalam Dunia Kesehatan

Prof. dr. Taruna Ikrar, M.Biomed, Ph.D.
Prof. dr. Taruna Ikrar, M.Biomed, Ph.D. (Dok. Pribadi Prof. dr. Taruna Ikrar, M.Biomed, Ph.D.)

Berikut tanggung jawab Direktur IAMRA:

Tanggung Jawab dan Tugas Umum

1. Manajemen dan administrasi IAMRA berada di tangan Komite Manajemen dan akan bertindak untuk IAMRA di antara pertemuan Majelis Umum Anggota.

2. Direktur Manajemen akan menjalankan mandat IAMRA sebagaimana ditetapkan oleh Majelis Umum Anggota, dan memiliki kekuasaan dan wewenang penuh dan lengkap untuk melakukan semua tindakan dan untuk bertransaksi semua bisnis untuk dan atas nama IAMRA.

3. Direktur Manajemen akan melakukan dan mengelola semua properti, urusan, pekerjaan dan kegiatan IAMRA, hanya tunduk pada ketentuan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga ini dan pada resolusi dan penetapan Majelis Umum Anggota; namun, dengan ketentuan bahwa IAMRA tidak akan melakukan aktivitas apa pun yang tidak diizinkan untuk dilakukan oleh perusahaan yang dibebaskan dari pajak pendapatan federal berdasarkan Bagian 501(c) (3) dari Internal Revenue Code tahun 1986 (atau ketentuan terkait dari United Undang-undang pendapatan internal negara bagian) atau oleh perusahaan, kontribusi yang dapat dikurangkan berdasarkan Bagian 170(c) (2) dari Internal Revenue Code (atau ketentuan yang sesuai dari undang-undang pendapatan internal di masa mendatang).

4. Direktur Manajemen akan memberikan kepemimpinan dalam pengembangan dan implementasi rencana strategis dan rencana bisnis IAMRA.

5. Anggota Komite Manajemen, atas permintaan Ketua, akan mewakili IAMRA kepada pimpinan organisasi lain dan berbicara atas nama IAMRA untuk mempromosikan pengakuan atas upaya IAMRA untuk memenuhi tujuannya.

6. Direktur Manajemen harus menyajikan laporan kegiatan kepada Anggota dan Mitra pada pertemuan Majelis Umum Anggota dan secara teratur melalui cara lain termasuk, namun tidak terbatas pada, komunikasi melalui pos dan elektronik.

Baca juga: Dalam Neuroleadership Forum 7, Prof. Taruna Ikrar Paparkan Peran Neuroscience di Tengah Pandemi

7. Setiap anggota Komite Manajemen, dan setiap anggota komite atau kelompok kerja IAMRA lainnya, diwajibkan untuk mematuhi Kebijakan Benturan Kepentingan, sebagaimana ditentukan semata-mata oleh Komite Manajemen IAMRA dan dipublikasikan dari waktu ke waktu.

8. Terlepas dari ketentuan lain dari Anggaran Dasar atau Anggaran Rumah Tangga ini, IAMRA tidak boleh terlibat dalam kegiatan atau menjalankan kekuasaan apa pun yang tidak mendukung tujuan IAMRA, sebagaimana dinyatakan di atas dan dalam Anggaran Dasar.

Halaman
12
Penulis: Ekarista Rahmawati
Editor: Ekarista Rahmawati
Ikuti kami di
Data Berhasil Terkirim!
Data Harus Diisi!
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved