Breaking News:

Capaian Vaksinasi jadi Indikator dalam Menetapkan Level Daerah, Ini Aturan yang Perlu Dipahami

Berikut ini simak informasi mengenai indikator capaian vaksinasi dalam menetapkan level daerah.

Pexels.com
Ilustrasi vaksinasi Covid-19- simak informasi mengenai indikator capaian vaksinasi dalam menetapkan level daerah. 

TRIBUNHEALTH.COM - Hingga kini perkembangan kasus Covid-19 nasional cukup terkendali.

Meski demikian, pemerintah meyakini bahwa Covid-19 tidak akan sepenuhnya hilang dalam waktu yang singkat.

Dinamikanya masih akan terus ada.

Mengingat di beberapa negara lain masih ada yang berjuang menekan laju penularan.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan pemerintah Indonesia menyusun peta jalan yang merupakan startegi antisipatif dan dasar tatanan hidup baru bagi masyarakat.

Baca juga: Berikut 3 Vaksin Covid-19 Baru yang Telah Mendapat Izin Penggunaan Darurat dari BPOM

Hal ini melalui kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dinamis sesuai data dan fakta di lapangan.

"Peta jalan ini tidak hanya untuk menekan terjadinya penularan Covid-19."

"Namun juga mendorong produktivitas masyarakat yang terkendali."

"Ke depannya, fokus pemerintah Indonesia mencapai fatality rate kurang dari 2 persen, kasus aktif kurang dari 100 ribu kasus dan positivity rate kurang dari 5 persen," jelasnya dilansir Tribunhealth.com dari situs resmi covid19.go.id.

Kendaraan melewati beton pemblokiran jalan pada masa masih berlakunya PPKM di Jalan Kalibaru, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (8/8/2021). Simak daftar wilayah di Jawa dan Bali yang terapkan PPKM level 4 hingga 16 Agustus 2021.
Kendaraan melewati beton pemblokiran jalan pada masa masih berlakunya PPKM di Jalan Kalibaru, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (8/8/2021). Simak daftar wilayah di Jawa dan Bali yang terapkan PPKM level 4 hingga 16 Agustus 2021. (WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN)

Saat ini pemerintah terus memperbarui kebijakan PPKM yang kembali diperpanjang untuk periode 14 - 20 September 2021.

Terdapat beberapa poin perubahan untuk PPKM Jawa - Bali sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (InMendagri) No. 42 Tahun 2021.

Salah satunya yaitu penambahan indikator capaian vaksinasi dalam menetapkan level daerah.

Baca juga: 2 Dosis Vaksin Covid-19 Sudah Berikan Perlindungan yang Cukup, Studi Terbaru Sebut Tak Perlu Booster

Untuk syarat perubahan daerah level 3 menjadi level 2 harus memenuhi ketentuan minimal melakukan vaksinasi dosis 1 kepada 5% penduduk secara umum dan dosis 1 kepada 40% penduduk lansia atau lebih 60 tahun.

Kemudian syarat perubahan daerah level 2 menjadi level 1 minimal vaksinasi dosis 1 kepada 70% penduduk secara umum dan dosis 1 kepada populasi lansia sebesar 60%.

Setiap Pemerintah daerah level 2 akan diberikan waktu selama 2 minggu untuk mencapai target.

"Jika tidak tercapai, maka akan ditetapkan sebagai level 3."

"Sebagai tambahan, capaian vaksinasi terendah digunakan sebagai dasar penetapan level kabupaten/kota pada wilayah aglomerasi," lanjutnya.

ILUSTRASI - Peserta menjalani vaksinasi saat kegiatan vaksinasi Covid-19 kolaborasi Kompas Gramedia dan Kalbe di halaman BPOM Pekanbaru, Kota Pekanbaru, Riau, Selasa (7/9/2021). Vaksinasi Covid-19 tersebut menargetkan ibu hamil dan masyarakat umum. Selain vaksinasi, terdapat bantuan sosial dari donasi pembaca Kompas yang diwakilkan oleh DKK (Dana Kemanusiaan Kompas) kepada masyarakat sekitar area vaksinasi. Acara tersebut turut dihadiri oleh Gubernur Riau, Syamsuar, Kepala Balai Besar POM di Pekanbaru, Yosef Dwi Irwan, Ketua FKD Pekanbaru, Del Fadilah, Area Bussiness Manager PT Enseval Putera Metragading Cabang Pekanbaru, Safwan, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Arnaldo Eka Putra, dan juga perwakilan Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM).
ILUSTRASI - Peserta menjalani vaksinasi saat kegiatan vaksinasi Covid-19 kolaborasi Kompas Gramedia dan Kalbe di halaman BPOM Pekanbaru, Kota Pekanbaru, Riau, Selasa (7/9/2021). Vaksinasi Covid-19 tersebut menargetkan ibu hamil dan masyarakat umum. Selain vaksinasi, terdapat bantuan sosial dari donasi pembaca Kompas yang diwakilkan oleh DKK (Dana Kemanusiaan Kompas) kepada masyarakat sekitar area vaksinasi. Acara tersebut turut dihadiri oleh Gubernur Riau, Syamsuar, Kepala Balai Besar POM di Pekanbaru, Yosef Dwi Irwan, Ketua FKD Pekanbaru, Del Fadilah, Area Bussiness Manager PT Enseval Putera Metragading Cabang Pekanbaru, Safwan, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Arnaldo Eka Putra, dan juga perwakilan Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM). (TribunImages/Smart FM/Khairani Putri Ananda)

Selanjutnya, untuk daerah Level 3 dan 2, Bioskop dapat beroperasi dengan kapasitas maksimal 50% tanpa makan dan minum di dalam ruangan.

Namun pengunjung dibawah 12 tahun dilarang masuk.

Operasional bioskop akan terintegrasi dengan sistem PeduliLindungi.

Pada daerah level 3 akan dilakukan ujicoba protokol kesehatan di tempat wisata dengan pengecualian pengunjung dibawah 12 tahun.

Halaman
12
Penulis: Ranum Kumala Dewi
Editor: Ekarista Rahmawati
Ikuti kami di
Data Berhasil Terkirim!
Data Harus Diisi!
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved