Breaking News:

Antisipasi Penularan Covid-19, Pemerintah Segera Tingkatkan Testing dan Tracing secara Masif

Berikut ini simak informasi mengenai antisipasi pemerintah dalam menanggulangi lonjakan kasus Covid-19

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Warga beraktivitas menggunakan masker di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (1/3/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membentuk Tim Tanggap COVID-19 guna mengantispasi penyebaran virus korona di Jakarta pasca telah diterbitkannya Instruksi Gubernur DKI Nomor 16 Tahun 2020 tentang peningkatan kewaspadaan terhadap risiko penularan COVID-19 atau virus Corona di DKI Jakarta. 

TRIBUNHEALTH.COM - Jumlah kasus pandemi Covid-19 terus mengalami peningkatan.

Untuk mengantisipasi penularan Covid-19, pemerintah telah mengambil beberapa langkah dalam penanggulangan kasus Covid-19.

Salah satunya dengan meningkatkan testing dan tracing Covid-19.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru bicara Kemenko Maritim dan Investasi Jodi Mahardi saat Siaran Pers PPKM yang ditayangkan dalam kanal YouTube Lawan Covid-19 ID, Rabu (21/7/2021).

Baca juga: Indonesia Kedatangan Vaksin COVID-19 Tahap 28, Masyarakat Diharapkan Tidak Ragu Melakukan Vaksinasi

Testing dan tracing itu, kata Jodi, dilaksanakan di wilayah yang selama ini kurang berjalan dengan baik.

Kegiatan ini dipimpin oleh satgas Penanganan Covid-19.

"Baik TNI dan Polri didukung oleh Kemenkes dan Satgas Penanganan Covid-19 di BNPB akan memimpin pelaksanaan testing dan tracing ini. Gerakan kerelawanan akan terlibat dalam kegiatan ini," kata Jodi.

Jodi juga memastikan, pemerintah telah mengidentifikasi setidaknya belasan ribu relawan yang bergabung dengan bidang perubahan perilaku ini.

Baca juga: Indonesia Menerima Kedatangan Vaksin COVID-19 Tahap 26, dr. Oscar P. Ingatkan Petingnya Vaksinasi

Pengunjung yang hendak masuk ke dalam areal Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru harus menjalani pemeriksaan suhu tubuh untuk mencegah penyebaran Virus Corona, Rabu (18/3/2020). Pemeriksaan di pintu depan dilakukan oleh Petugas Satpol PP Kota Pekanbaru yang langsung memeriksa suhu tubuh dengan Termometer inframerah. Mereka yang suhunya di bawah 37 derajat celcius bisa langsung memasuki MPP Pekanbaru. Namun yang suhunya di atas 37 derajat celcius harus menunggu beberapa menit untuk dilakukan pengukuran suhu tubuh ulang. Saat suhu tubuhnya normal maka akan diperkenankan masuk dan mengakses layanan. Sedangkan yang suhu tubuhnya tinggi akan diperiksa oleh tim medis dan diarahkan ke klinik di Mal Pelayanan Publik Pekanbaru. - Ketahui Ukuran Suhu Badan Normal Manusia, Lakukan Pegecekan Rutin untuk Antisipasi Penularan Virus
Pengunjung yang hendak masuk ke dalam areal Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru harus menjalani pemeriksaan suhu tubuh untuk mencegah penyebaran Virus Corona, Rabu (18/3/2020). Pemeriksaan di pintu depan dilakukan oleh Petugas Satpol PP Kota Pekanbaru yang langsung memeriksa suhu tubuh dengan Termometer inframerah. Mereka yang suhunya di bawah 37 derajat celcius bisa langsung memasuki MPP Pekanbaru. Namun yang suhunya di atas 37 derajat celcius harus menunggu beberapa menit untuk dilakukan pengukuran suhu tubuh ulang. Saat suhu tubuhnya normal maka akan diperkenankan masuk dan mengakses layanan. Sedangkan yang suhu tubuhnya tinggi akan diperiksa oleh tim medis dan diarahkan ke klinik di Mal Pelayanan Publik Pekanbaru. - Ketahui Ukuran Suhu Badan Normal Manusia, Lakukan Pegecekan Rutin untuk Antisipasi Penularan Virus (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY)

Tentunya, masih ada ribuan lainnya yang bergabung dengan organisasi relawan lainnya.

"Sistem testing dan tracing yang masif akan siap dalam waktu dekat," jelasnya.

Apabila ditemukan kasus positif dari testing dan tracing di lapangan. Maka, kata Jodi, mereka akan dibawa ke pusat-pusat isolasi yang sudah dibuat oleh pemerintah.

Baca juga: Dokter Jelaskan Terapi Plasma Konvalesen untuk Pasien Covid-19 Beserta Alur yang Harus Dilakukan

Selanjutnya, bila warga yang dinyatakan positif Covid-19 adalah seorang kepala keluarga, maka pemerintah akan memberikan bantuan sosial kepada keluarga tersebut.

"Dimana mereka akan mendapat penanganan dan diberikan obat-obatan gratis yang dijamin oleh pemerintah."

"Apabila yang terkena adalah kepala keluarga maka keluarga tersebut akan diberikan bantuan sosial oleh pemerintah guna meringankan beban mereka," jelasnya.

Baca juga: Obat Impor Ketat, Pemerintah Upayakan Ketersedian 3 Jenis Obat Terapi Covid-19

(Tribunnews)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews dengan judul Pemerintah Bersiap Lakukan Testing dan Tracing Masif Dalam Waktu Dekat

Penulis: Ranum Kumala Dewi
Editor: Melia Istighfaroh
Ikuti kami di
Data Berhasil Terkirim!
Data Harus Diisi!
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved