Breaking News:

drg. H. Rahmat Juliadi, M.H. Kes Sebut Pengguna Behel Harus Menggunakan Sikat Gigi Khusus

Menurut drg. H. Rahmat Juliadi, M.H. Kes sikat gigi yang diberikan oleh dokter gigi sudah di desain khusus untuk pasien pengguna kawat gigi.

freepik.com
ilustrasi seseorang yang menggunakan kawat gigi, simak penjelasan drg. H. Rahmat Juliadi, M.H. Kes 

TRIBUNHEALTH.COM - Pemasangan kawat gigi atau behel menjadi salah satu solusi untuk merapikan gigi yang berantakan.

Ketika pasien dipasangkan alat ortodonti oleh dokter gigi atau dokter gigi spesialis, sebelumnya pasien akan diberikan edukasi terlebih dahulu.

Dokter gigi akan menjelaskan bahwa perawatan ortodonti memerlukan waktu yang panjang, apa saja yang akan dirasakan pasien hingga dampak-dampak yang mungkin terjadi.

"Awal-awal memang sangat tidak nyaman. Tapi lama-kelamaan setelah adaptasi dia akan terbiasa," tutur Dokter Gigi, drg. H. Rahmat Juliadi, M.H. Kes.

Baca juga: Apakah Nyeri Haid Normal Terjadi? Begini Penuturan dr. Binsar Martin Sinaga, FIAS

Pernyataan ini disampaikan oleh Dokter Gigi, drg. H. Rahmat Juliadi, M.H. Kes yang dilansir oleh Tribunhealth.com dalam tayangan YouTube Tribunjabar video program Tribun Health edisi 27 Juli 2022.

Ilustrasi pengguna kawat gigi, begini penjelasan drg. H. Rahmat Juliadi, M.H. Kes
Ilustrasi pengguna kawat gigi, begini penjelasan drg. H. Rahmat Juliadi, M.H. Kes (TribunJateng.com)

Baca juga: Memahami Inner Child, Sisi Anak-anak di dalam Kepribadian, menurut Diah Mahmudah, S.Psi

"Berbicaranya awal-awal tidak akan jelas terlebih dahulu gitu kan, tanyalah pada artis-artis yang pakai behel gigi itu. Awal-awal tidak akan bisa nyanyi dengan bagus itu, tapi setelah adaptasi memang dia akan terbiasa lagi," terang Dokter Gigi, drg. H. Rahmat Juliadi, M.H. Kes.

Pengguna behel gunakan sikat gigi ortodonti

"Termasuk juga alat-alat pembersihnya itu juga disediakan atau dikasih khusus oleh di dokter gigi tersebut. Sikat giginya sikat gigi khusus, jadi tidak seperti sikat gigi biasa karena disana kan ada bracket tuh," tegas Dokter Gigi, drg. H. Rahmat Juliadi, M.H. Kes.

Dokter Gigi, drg. H. Rahmat Juliadi, M.H. Kes memaparkan jika sikat gigi yang diberikan oleh dokter gigi sudah di desain khusus untuk pasien-pasien yang menggunakan kawat gigi dimana biasa dikenal dengan sikat gigi ortodonti.

"Terus juga ada alat-alat tambahan yang biasanya diberikan oleh dokternya untuk melakukan pembersihan gigi bagi yang dipasang alat ortodonti tersebut misalkan ada sikat interdental. Sikat yang sangat kecil yang bisa dimasukkan ke sela-sela gigi apabila ada makanan yang nyangkut misalkan seperti itu," imbuh Dokter Gigi, drg. H. Rahmat Juliadi, M.H. Kes.

Baca juga: drg. Ivanna Belopandung Sampaikan Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

ilustrasi seseorang yang menggunakan kawat gigi, simak pemaparan drg. H. Rahmat Juliadi, M.H. Kes
ilustrasi seseorang yang menggunakan kawat gigi, simak pemaparan drg. H. Rahmat Juliadi, M.H. Kes (orami.co.id)

Baca juga: Orangtua Jadi Pelaku Penyimpangan Seksual, Bisakah Menurun pada Anak? Ini Kata Medical Sexologist

Pasalnya dokter gigi akan mempersiapkan seperangkat alat untuk pemeliharaan termasuk cara-cara penggunaannya.

"Jadi pada saat seseorang dipasang alat ortodonti atau behel gigi oleh dokter gigi dipastikan kesehatannya akan terjaga karena diberikan alat-alatnya dan cara-caranya," jelas Dokter Gigi, drg. H. Rahmat Juliadi, M.H. Kes.

"Nah meskipun memang itu bisa dibeli sendiri ya di toko-toko perawatan gigi ya. Kita beli alat-alat sikat ortodonti ada, beli interdental brush misalkan, ada. Tapi biasanya itu tidak dijual di supermarket biasa. Biasanya dijualnya di toko alat-alat kesehatan gigi biasanya. Bisa dibeli sendiri," lanjutnya dalam tayangan Tribun Health (27/07/2022).

"Tapi intinya saya ingin menjelaskan bahwa dokter gigi yang nanti akan memberikan edukasi bagaimana tata cara pemeliharaannya, tata cara pembersihannya, termasuk kalau ada hal-hal yang dirasakan. Kalau misalkan ada kawatnya yang lusung, ada bracketnya yang copot itukan sangat mungkin terjadi dan itu dokter gigi yang bisa melakukan itu," tambah Dokter Gigi, drg. H. Rahmat Juliadi, M.H. Kes.

Baca juga: Apakah Tindakan Penyimpangan Seksual Bisa Menular? dr. Binsar Martin Sinaga FIAS Menjawab

ilustrasi penggunaan kawat gigi, begini penuturan drg. H. Rahmat Juliadi, M.H. Kes
ilustrasi penggunaan kawat gigi, begini penuturan drg. H. Rahmat Juliadi, M.H. Kes (freepik.com)

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Hidung Mampet, Hirup Uap Air Hangat hingga Manfaatkan Minyak Kayu Putih

Penjelasan Dokter Gigi, drg. H. Rahmat Juliadi, M.H. Kes dilansir oleh Tribunhealth.com dalam tayangan YouTube Tribunjabar video program Tribun Health edisi 27 Juli 2022.

(Tribunhealth.com/DN)

Baca berita lain tentang kesehatan di sini.

Penulis: Dhiyanti Nawang Palupi
Editor: Ekarista Rahmawati
Ikuti kami di
Data Berhasil Terkirim!
Data Harus Diisi!
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved