Breaking News:

Perlunya Membawa Anak ke Dokter Gigi Apabila Mengalami Gigi Goyang, Begini Kata drg. Lina Nurdianty

Menurut Lina Nurdianty tingkat kegoyangan gigi anak terbagi menjadi 4 tingkatan, yaitu grade 1, 2, 3 hingga 4, begini alasannya.

pixabay.com
Ilustrasi gigi goyang pada anak, begini penuturan drg. Lina Nurdianty 

TRIBUNHEALTH.COM - Gigi anak yang mulai goyang merupakan suatu tanda jika gigi akan segera tanggal dan tergantikan dengan gigi dewasa.

Ada beberapa orang tua yang melakukan pencabutan gigi sendiri pada gigi anaknya dan tidak melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi.

Menggapi hal ini, drg. Lina Nurdianty mengimbau para orang tua untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi sebelum melakukan pencabutan gigi anak.

"Jadi kalau pada gigi anak-anak sebaiknya memang kita periksa dahulu ya ke dokter. Biasanya gigi depan ya yang terlihat oleh orang tua itu ya misalnya giginya goyang atau ketika sedang makan sakit misalnya gitu. Sebaiknya periksa dahulu ke dokter karena kita bisa lihat kalau misalnya gigi anak sudah waktunya tanggal itu ada waktunya kapan gigi depan tanggal, gigi belakang tanggal itu ada waktu-waktunya," terangnya.

Baca juga: Apa yang Terjadi Jika Vaginismus Tidak Segera Diobati? Ini Kata dr. Binsar Martin Sinaga

Ilustrasi anak alami nyeri akibat gigi goyang
Ilustrasi anak alami nyeri akibat gigi goyang, simak penjelasan drg. Lina Nurdianty (pixabay.com)

Hal ini disampaikan oleh Dokter Gigi, drg. Lina Nurdianty yang dilansir oleh Tribunhealth.com dalam tayangan YouTube Tribun Cirebon program Tribun Health edisi 24 Agustus 2022.

Baca juga: drg. R. Ngt. Anastasia Ungkap Jenis-jenis Sariawan yang Perlu Diketahui Masyarakat

"Jadi ketika gigi depannya misalnya gigi rahang bawah ya, dia goyang kita periksa ke dokter. Apakah memang betul kegoyangannya itu disebabkan karena resorpsi akar gigi sulung. Jadi kalau gigi anak-anak itu dia goyang kenapa, jadi akar gigi sulungnya itu terkikis oleh gigi dewasa yang tumbuh," lanjut drg. Lina Nurdianty.

"Nah kegoyangannya itu kalau kegoyangan gigi itu ada grade satu sampai empat. Jika masih grade satu dia kegoyangannya masih sedikit. Grade dua lebih goyang," ucap drg. Lina Nurdianty.

"Nah jika sudah grade tiga atau empat, sudah goyang. Biasanya boleh dicabut oleh mamahnya atau anaknya makan buah apel, krek udah lepas. Tapi memang itu karena kegoyangannya memang sudah waktunya tanggal dan reabsorpsi fisiologis dari sundulan, terkikisnya oleh gigi dewasa," kata drg. Lina Nurdianty.

Baca juga: Efek Samping Penggunaan Headset dan Headphone yang Diungkap dr. Arne Laksmiasanti Sp.THT-KL

Ilustrasi gigi goyang, begini ulasan drg. Lina Nurdianty
Ilustrasi gigi goyang, begini ulasan drg. Lina Nurdianty (pixabay.com)

Baca juga: Apa Perbedaan Veneer dan Bleaching? Berikut Penjelasan drg. R. Ngt Anastasia Ririen Pramudyawati

Namun apabila kegoyangan gigi belakang disebabkan karena fraktur atau pecah dan belum saatnya gigi tergantikan dengan gigi dewasa sebaiknya membawa anak untuk dilakukan pemeriksaan oleh dokter gigi.

"Jadi ini goyangnya bukan karena reabsorpsi fisiologis tapi karena ada fraktur. Jadi karena lubangnya sudah besar, jadi si mahkotanya pecah. Jadi ibunya mengira ini sudah goyang dok, padahal belum," timpal drg. Lina Nurdianty dalam tayangan Tribun Health (24/08/2022).

drg. Lina Nurdianty menegaskan jika dalam kondisi seperti ini harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan dokter gigi.

Dengan begitu bisa diketahui penyebab kegoyangan gigi pada anak.

Sebaiknya para orang tua tidak menganggap sepele masalah gigi anak yang goyang.

Baca juga: Begini Cara Menentukan Faktor Pencetus Alergi, Dokter: Lakukan Pemeriksaan Skin Prick Test Allergy

ilustrasi masalah gigi goyang pada anak, begini pemaparan drg. Lina Nurdianty
ilustrasi masalah gigi goyang pada anak, begini pemaparan drg. Lina Nurdianty (tribunnews.com)

Baca juga: Cara Bersihkan Rongga Mulut Bayi dengan Benar Sejak Usia 0 Bulan menurut drg. Zita Aprilia, Sp. KGA

"Jadi memang sebaiknya diperiksa dahulu, apakah kegoyangannya sudah waktunya atau karena apa," tegas Dokter Gigi, drg. Lina Nurdianty.

Baca juga: Kondisi yang Tak Dianjurkan Melakukan Suntik Putih, Ketahui Alasannya dari dr. Azizah Amalia

Penjelasan Dokter Gigi, drg. Lina Nurdianty dilansir oleh Tribunhealth.com dalam tayangan YouTube Tribun Cirebon program Tribun Health edisi 24 Agustus 2022.

(Tribunhealth.com/DN)

Baca berita lain tentang kesehatan di sini.

Penulis: Dhiyanti Nawang Palupi
Editor: Ekarista Rahmawati
Ikuti kami di
Data Berhasil Terkirim!
Data Harus Diisi!
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved