Breaking News:

Flek Hitam Muncul Saat Hamil, Apakah Bisa Hilang Setelah Melahirkan? Begini Kata dr. Pratidona

dr. Pratidona Anasika menjelaskan, flek hitam yang muncul saat kehamilan terjadi karena adanya perubahan hormonal yang disebabkan oleh kehamilan.

nova.grid.id
Ilustrasi munculnya flek hitam saat kehamilan 

TRIBUNHEALTH.COM - Permasalahan kulit wajah kerap kali dikeluhkan oleh banyak orang karena dianggap mengganggu penampilan.

Permasalahan kulit wajah yang kerap dijumpai seperti flek hitam, jerawat, kulit kering, hingga kulit berminyak.

Kondisi ini dapat terjadi pada siapa saja, tak terkecuali pada seorang ibu hamil.

Pasalnya beberapa ibu hamil mengeluhkan adanya flek hitam yang muncul di wajah saat kehamilan, padahal sebelum kehamilan flek hitam tersebut tidak ada.

Lantas apa yang menyebabkan flek hitam tersebut muncul saat kehamilan? Apakah flek hitam tersebut bisa hilang setelah melahirkan?

Dilansir TribunHealth.com, Dokter Kecantikan, dr. Pratidona Anasika memberikan penjelasan dalam tayangan YouTube Tribunnews Program Sapa Dokter Kecantikan.

dr. Pratidona menjelaskan, flek hitam adalah suatu kondisi yang menggambarkan kondisi kulit yang mengalami pigmentasi secara berlebihan.

Baca juga: Bolehkah Menggunakan Krim Pemutih untuk Menghilangkan Flek Hitam? Begini Kata dr. Pratidona Anasika

Ilustrasi munculnya flek hitam saat kehamilan
Ilustrasi munculnya flek hitam saat kehamilan (bali.tribunnews.com)

Biasanya flek hitam ini disebabkan oleh paparan sinar matahari secara langsung yang menyentuh kulit yang tidak menggunakan perlindungan seperti sunscreen.

Jika kulit tidak dilindungi dengan sunscreen, paparan sinar matahari langsung menyentuh kulit dan kulit akan memproduksi lebih banyak melanin yang menyebabkan munculnya flek hitam pada wajah.

Flek hitam ditandai dengan adanya bercak berwarna kehitaman, kecoklatan, dan yang sudah tahap parah akan berwarna keabuan.

2 dari 3 halaman

Namun pada kasus ibu hamil, flek hitam ini muncul disebabkan oleh perubahan hormonal yang terjadi pada saat kehamilan.

dr. Pratidona menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu saat mengalami permasalahan flek hitam.

Dokter akan memberikan edukasi kepada ibu hamil, bagaimana cara merawat kulit saat kehamilan dan mengedukasi apa yang boleh dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan.

Sebelum memberikan penanganan flek hitam pada ibu hamil, dokter akan mencari tahu terlebih dahulu tipe kulit dari pasien tersebut.

Kemudian jika harus diberikan krim untuk meminimalisir flek hitam tersebut, dokter akan memberikan krim yang aman digunakan untuk ibu hamil dan ibu menyusui.

Pasalnya tidak semua produk boleh digunakan oleh ibu hamil dan ibu menyusui, untuk ibu hamil dan menyusui harus menggunakan produk yang khusus dan aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui.

"Saat hamil itu memang perubahan fisiologisnya kelihatan sekali ya, biasanya kalau hamil kulit akan menjadi kusam, flek hitam akan keluar," terang dr. Pratidona.

Baca juga: Paparan Sinar Matahari Menyebabkan Flek Hitam, dr. Pratidona Anasika Sarankan Menggunakan Sunscreen

Ilustrasi munculnya flek hitam saat kehamilan
Ilustrasi munculnya flek hitam saat kehamilan (health.kompas.com)

Namun tidak perlu khawatir, kondisi ini bisa dikonsultasikan oleh dokter kecantikan atau dokter spesialis kulit.

Jika kondisi flek hitam terjadi sangat parah, dokter bisa saja mengambil tindakan terhadap pasien tersebut, untuk tindakannya akan disesuaikan dengan kondisi kulit pasien.

Flek hitam yang muncul saat kehamilan biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah melahirkan karena disebabkan oleh faktor hormonal.

3 dari 3 halaman

Meskipun demikian, ada juga yang flek hitamnya tidak hilang setelah melahirkan, jika demikian dapat melakukan perawatan khusus untuk menghilangkan flek hitam tersebut.

Penjelasan ini disampaikan oleh Dokter Kecantikan, dr. Pratidona Anasika dalam tayangan YouTube Tribunnews Program Sapa Dokter Kecantikan pada 12 Januari 2022.

Baca berita lain seputar kesehatan di sini

(Tribunhealth.com/IR)

Selanjutnya
Penulis: Irma Rahmasari
Editor: Melia Istighfaroh
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved