Breaking News:

Paparan Sinar Matahari Menyebabkan Flek Hitam, dr. Pratidona Anasika Sarankan Menggunakan Sunscreen

Baik di dalam ruangan ataupun di luar ruangan, sunscreen harus digunakan setiap hari untuk mencegah terjadinya permasalahan kulit seperti flek hitam.

bali.tribunnews.com
ilustrasi seseorang yang memiliki masalah flek hitam 

TRIBUNHEALTH.COM - Flek hitam atau disebut juga dengan melasma adalah istilah untuk menggambarkan kondisi kulit yang mengalami pigmentasi secara berlebihan.

Kondisi ini ditandai dengan adanya bercak berwarna kehitaman, kecoklatan, dan bahkan berwarna keabuan.

Flek hitam umumnya adalah kondisi yang tidak berbahaya, namun dari segi penampilan flek hitam ini sangat mengganggu.

Flek hitam sering temui di bagian wajah, tetapi tidak menutup kemungkinan flek hitam dapat terjadi pada kulit lengan, dada, ataupun leher.

Dilansir TribunHealth.com, Dokter Kecantikan, dr. Pratidona Anasika memberikan penjelasan dalam tayangan YouTube Tribunnews Program Sapa Dokter Kecantikan.

dr. Pratidona menjelaskan, penyebab utama munculnya flek hitam adalah seringnya kulit terpapar sinar matahari secara langsung.

Pada wajah yang sering terpapar sinar matahari dan tidak dilindungi dengan penggunaan sunscreen akan lebih berisiko terkena flek hitam atau melasma.

Baca juga: Adanya Flek Hitam saat Hamil Akibat Perubahan Hormon, dr. Pratidona Anasika Sebut Bisa Diatasi

Ilustrasi flek hitam pada wajah
Ilustrasi flek hitam pada wajah (pekanbaru.tribunnews.com)

Pasalnya paparan sinar matahari yang langsung menyentuh kulit, akan menyebabkan kulit memproduksi lebih banyak melanin, yang akhirnya akan memicu munculnya flek hitam pada wajah.

Tak hanya itu saja, dr. Pratidona memaparkan beberapa penyebab lain terjadinya flek hitam pada wajah seperti berikut.

- Melakukan suntik KB

2 dari 3 halaman

- Menggunakan kosmetik yang belum teregistrasi

- Faktor genetik

Menurut dr. Pratidona, flek hitam ini bisa ditangani dengan beberapa tindakan, namun sebelum itu dokter akan melakukan anamnesa untuk mengetahui penyebab terjadinya flek hitam pada pasien.

Setelah mengetahui penyebab utama terjadinya flek hitam pada pasien, dokter akan memberikan krim untuk mengobati flek hitam tersebut.

Selain itu, dokter juga akan memberikan sunscreen karena sunscreen memiliki fungsi utama untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Jika kulit sudah dirawat dan tidak menggunakan sunscreen, maka kemungkinan flek hitam yang sudah sembuh dapat muncul kembali.

Penggunaan sunscreen sendiri akan disesuaikan dengan aktivitas masing-masing pasien, karena setiap pasien memiliki aktivitas yang berbeda.

Selain itu, terdapat beberapa treatment yang bisa dilakukan untuk mengatasi flek hitam, diantaranya adalah chemical peeling, laser, skinbooster, dan DNA salmon treatment.

dr. Pratidona menuturkan, seseorang yang memiliki flek hitam akan cenderung memiliki kulit yang kering.

Baca juga: Dokter Beberkan Tips Menghilangkan Flek Hitam dengan Laser ND YAG

ilustrasi penggunaan sunscreen untuk mencegah terjadinya flek hitam
ilustrasi penggunaan sunscreen untuk mencegah terjadinya flek hitam (kompas.com)

Flek hitam yang muncul pada orang satu dengan orang lainnya pun juga berbeda, sehingga perawatan yang diberikan akan berbeda dan disesuaikan dengan jenis kulit, umur pasien, dan aktivitas pasien.

3 dari 3 halaman

Pengobatan untuk menghilangkan flek hitam tidak bisa dilakukan secepat yang orang bayangkan, untuk menyembuhkan flek hitam membutuhkan waktu yang cukup lama.

Antara orang satu dan orang lainnya akan membutuhkan waktu yang berbeda.

Kendati demikian, hal utama yang harus dilakukan adalah sama yaitu menggunakan sunscreen setiap hari, baik sedang beraktivitas di dalam rumah ataupun di luar rumah.

Penjelasan ini disampaikan oleh Dokter Kecantikan, dr. Pratidona Anasika dalam tayangan YouTube Tribunnews Program Sapa Dokter Kecantikan pada 12 Januari 2022.

Baca berita lain seputar kesehatan di sini

(Tribunhealth.com/IR)

Selanjutnya
Penulis: Irma Rahmasari
Editor: Melia Istighfaroh
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved