Breaking News:

Mengenal Asal-usul Covid-19 Varian 'Siluman Omicron', Benarkah Lebih Menular?

Studi masih berlangsung untuk memahami penularan BA.2, di samping seberapa efektif vaksin melawannya

kompas.com
ilustrasi Covid-19 varian omicron siluman 

TRIBUNHEALTH.COM - Para ilmuwan pertama kali mengidentifikasi subvarian BA.2 dari Omicron di India dan Afrika Selatan pada akhir Desember 2021.

Sejak itu, subvarian Omicron telah menyebar ke beberapa negara, termasuk Amerika Serikat, Inggris, dan Israel, dilansir TribunHealth.com dari Medical News Today.

Varian ini disebut sebagai varian 'siluman' karena dianggap lebih sulit dideteksi menggunakan tes PCR, meski sejauh ini varian BA.2 nyatanya masih bisa dideteksi.

Virus subvarian ini juga telah menyebar dengan cepat di Denmark, meningkat dari 20% dari semua kasus COVID-19 di negara itu pada minggu ke-52 tahun 2021 menjadi 45% pada minggu kedua tahun 2022.

Meskipun penyebarannya cepat di negara ini, analisis awal menunjukkan tidak ada perbedaan rawat inap antara subvarian BA.2 dan bentuk asli Omicron, yang dikenal sebagai BA.1.

Studi masih berlangsung untuk memahami penularan BA.2, di samping seberapa efektif vaksin melawannya.

Sementara BA.2 saat ini tidak menjadi "varian yang menjadi perhatian", pejabat kesehatan masyarakat di Inggris telah cukup tertarik untuk menetapkannya sebagai "varian yang sedang diselidiki."

Penyebaran cepat

Ilustrasi virus corona varian baru, IHU
Ilustrasi virus corona varian baru, IHU (Pexels)

Baca juga: Ilmuwan Sebut Beberapa Gejala Long Covid Terjadi Akibat Kerusakan Saraf

“Omicron memiliki tiga [subvarian] utama — BA.1, BA.2, dan BA.3 — menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO),” kata Dr. Donald C. Vinh, profesor di Departemen Kedokteran di Universitas McGill , Kanada, kepada MNT.

“Sampai sekarang, sebagian besar dari semua kasus Omicron adalah BA.1. Namun di beberapa tempat, BA.2 muncul dan menyebar lebih cepat dari BA.1,” lanjutnya.

2 dari 3 halaman

“Varian saudara ini, yang masih Omicron, menarik karena tampaknya menggantikan Omicron di beberapa bagian dunia,” Dr. Amesh A. Adalja, sarjana senior di Pusat Keamanan Kesehatan Johns Hopkins, mengatakan kepada MNT.

"Ada spekulasi bahwa itu mungkin lebih menular daripada saudaranya."

Bagaimana penyebaran cepat subvarian BA.2 dapat mempengaruhi kesehatan masyarakat masih dalam penyelidikan.

Ilustrasi virus corona varian baru
Ilustrasi virus corona varian baru (Pexels)

Baca juga: Covid-19 Pengaruhi Kesehatan Mental Seseorang, Picu Depresi hingga Keinginan Bunuh Diri

“Varian Omicron SARS-CoV-2 menarik bagi para ilmuwan karena (i) jumlah mutasinya yang relatif lebih tinggi, yang […] memungkinkannya untuk menghindari sebagian dari respons imun orang; (ii) penularan dan patogenisitas yang lebih tinggi, yaitu kemampuannya yang lebih besar untuk menginfeksi dan menyebabkan penyakit; dan (iii) virulensi yang lebih rendah, yaitu kemampuannya yang lebih rendah untuk menyebabkan penyakit parah,” jelas Dr. Richard Reithinger, Ph.D., wakil presiden kesehatan global di RTI International.

Apa yang diketahui sejauh ini

Sementara para peneliti masih mengumpulkan data tentang bagaimana BA.2 dapat mempengaruhi populasi secara luas, penelitian laboratorium telah memverifikasi banyak sifat molekulernya.

“BA.2 tidak memiliki lonjakan mutasi 69-70, sehingga tidak menyebabkan kegagalan target gen S, sehingga lebih sulit untuk diidentifikasi pada tes PCR,” kata Dr. Anna Ssentongo, asisten profesor kesehatan masyarakat di Penn State College of Medicine , kepada MNT.

“Oleh karena itu, BA.2 dijuluki ‘varian siluman’,” jelasnya.

Warga menjalani vaksinasi Covid-19 di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Bunga Rampai 3, Jakarta Timur, Jumat (9/7/2021). Vaksinasi Covid-19 itu menggunakan mobil vaksin keliling yang belum lama diluncurkan oleh Pemprov DKI Jakarta. Terdapat 16 mobil vaksin keliling yang beroperasi di Jakarta. Dengan mobil vaksin keliling, dapat mempercepat vaksinasi Covid-19 sehingga cepat mencapai herd immunity alias kekebalan komunitas.
Warga menjalani vaksinasi Covid-19 di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Bunga Rampai 3, Jakarta Timur, Jumat (9/7/2021). Vaksinasi Covid-19 itu menggunakan mobil vaksin keliling yang belum lama diluncurkan oleh Pemprov DKI Jakarta. Terdapat 16 mobil vaksin keliling yang beroperasi di Jakarta. Dengan mobil vaksin keliling, dapat mempercepat vaksinasi Covid-19 sehingga cepat mencapai herd immunity alias kekebalan komunitas. (Tribunnews/Herudin)

Baca juga: Gejala Long Covid Lebih Ringan pada Orang yang Telah Divaksinasi

Dr. Ssentongo menambahkan bahwa BA.2 memiliki lebih dari 20 mutasi pada protein lonjakannya, yang menjadi target banyak vaksin COVID-19.

Meskipun perbedaan ini dapat membuat BA.2 lebih resisten terhadap vaksin, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi efek apa pun.

3 dari 3 halaman

“Mirip dengan garis keturunan induknya (Omicron), diperkirakan sangat menular dan menghasilkan penyakit yang kurang parah daripada varian Delta atau Beta, terutama jika seseorang divaksinasi sepenuhnya dan – bahkan ketika mendapat booster,” tambah Dr. Reithinger.

"Namun, pada akhirnya, ini harus dikonfirmasi oleh studi laboratorium dan klinis yang sedang berlangsung, yang diharapkan memberikan hasil dalam beberapa minggu ke depan."

Baca berita lain tentang Covid-19 di sini.

(TribunHealth.com/Nur)

Selanjutnya
Penulis: Ahmad Nur Rosikin
Editor: Melia Istighfaroh
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved