Breaking News:

drg. R.Ngt. Anastasia Ririen: Segera Lakukan Perawatan pada Saluran Akar Gigi yang Mengalami Anomali

drg. Anastasia tegaskan jika kondisi saluran akar gigi sudah mengalami anomali atau masalah sebaiknya sesegera mungkin untuk dirawat.

freepik.com
ilustrasi melakukan perawatan saluran akar gigi 

TRIBUNHEALTH.COM - Saluran akar gigi merupakan rongga yang terdapat pada bagian tengah gigi yang berisi pembuluh darah saraf.

Perawatan saluran akar gigi sendiri memiliki tujuan untuk mengatasi kerusakan pada rongga gigi serta mengobati infeksi dan pembusukan pada daerah tersebut.

Dilansir TribunHealth.com, drg. R. Ngt. Anastasia Ririen Pramudyawati memberikan penjelasan dalam tayangan YouTube Tribunnews program Sapa Dokter.

drg. R. Ngt. Anastasia Ririen sebut dalam melakukan perawatan saluran akar gigi sebaiknya dilakukan ketika saluran akar masih sehat dan belum mengalami masalah.

Perawatan yang bisa dilakukan pada saluran akar gigi saat belum terjadi anomali atau masalah dengan cara menjaga kebersihan gigi dan rongga mulut.

Kebersihan gigi dan rongga mulut dapat dilakukan dengan rajin melakukan sikat gigi sehari minimal 2 kali.

Baca juga: drg. R. Ngt. Anastasia Ririen: Saluran Akar Gigi Harus Dirawat sebelum Terjadi Anomali atau Keluhan

ilustrasi akar gigi
ilustrasi akar gigi (kompas.com)

Lalu bagaimana jika saluran akar gigi sudah mengalami anomali atau masalah?

drg. Anastasia menegaskan jika kondisi saluran akar gigi sudah mengalami anomali sebaiknya sesegera mungkin untuk dirawat.

Kenapa harus sesegera mungkin?

Karena ketika perawatan pada saluran akar gigi mengalami keterlambatan, maka gigi yang mungkin bisa dipertahankan vitalitasnya terpaksa harus dilakukan tindakan devitalisasi.

Gigi yang seharusnya masih vital atau sehat terpaksa dilakukan tindakan karena sudah tidak bisa dipertahankan kembali akibat keterlambatan perawatan saluran akar gigi.

Ketika gigi sudah tidak bisa disembuhkan atau disehatkan kembali, maka harus dilakukan perawatan lanjutan jika kondisi gigi tersebut terlanjur kronis.

Perawatan lanjutan tersebut seperti mutasi pulpa, termasuk juga pembersihan jaringan yang ada pada saluran akar yang terlanjur sudah sampai pada tahap nekrose atau mati.

Baca juga: Setelah Perawatan Saluran Akar Gigi, Gusi Menjadi Bengkak dan Gigi Sakit, Mengapa Demikian, Dok?

ilustrasi perawatan saluran akar gigi
ilustrasi perawatan saluran akar gigi (pixabay.com)

Kondisi gigi yang sudah sampai pada tahap apaptosis atau pembusukan oleh mikroorganisme berbagai sebab, tentu perawatan akan menjadi lebih kompleks.

"Meskipun prognosis dari tindakan ini bisa saja membaik, tetapi tentu saja jauh lebih baik apabila perawatan saluran akar gigi dilakukan sedini mungkin," terang drg. Anastasia.

"Ketika prognosis jauh lebih tinggi, keselamatan dari jaringan pulpa menjadi lebih mudah diupayakan atau memungkinkan anomali ini tidak menjadi parah."

Penjelasan ini disampaikan oleh drg. R. Ngt. Anastasia Ririen Pramudyawati dalam tayangan YouTube Tribunnews program Sapa Dokter pada 5 November 2021.

Baca berita lain seputar kesehatan di sini

(Tribunhealth.com/IR)

Penulis: Irma Rahmasari
Editor: Ekarista Rahmawati
Ikuti kami di
Data Berhasil Terkirim!
Data Harus Diisi!
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved