Breaking News:

drg. R. Ngt. Anastasia Ririen: Saluran Akar Gigi Harus Dirawat sebelum Terjadi Anomali atau Keluhan

Saluran akar gigi sebaiknya mulai dirawat saat akar gigi belum terjadi keluhan, bukan hanya saat ketika saluran akar gigi mengalami keluhan.

pixabay.com
ilustrasi perawatan saluran akar gigi 

TRIBUNHEALTH.COM - drg. R. Ngt. Anastasia Ririen sebut jika saluran akar gigi harus dijaga dengan baik.

Saluran akar gigi berisi jaringan pulpa, ketika jaringan pulpa masih sehat, maka vitalitas juga harus dijaga dengan baik.

Artinya kesehatan gigi harus dijaga dengan baik agar tidak terjadi gangguan atau anomali pada gigi secara fisik, baik material gigi maupun material secara fisik di seluruh jaringan pendukung gigi.

Jaringan pendukung gigi terdiri dari gusi, tulang penyangga gigi, dan jaringan peridonsium.

Seluruh jaringan gigi dan sekitarnya harus sehat untuk menjaga kesehatan saluran akar gigi.

Dilansir TribunHealth.com, drg. R. Ngt. Anastasia Ririen Pramudyawati memberikan penjelasan dalam tayangan YouTube Tribunnews program Sapa Dokter.

Baca juga: Apakah Gigi Mati Harus Dilakukan Perawatan Saluran Akar? Berikut Ulasan drg. Citra Paramita

ilustrasi perawatan saluran akar gigi
ilustrasi perawatan saluran akar gigi (pixabay.com)

Menurut drg. Anastasia, cara menjaga kesehatan gigi dan saluran akar gigi yang baik adalah ketika tidak terjadi anomali gigi.

Anomali gigi tersebut antara lain adalah pembengkakan gusi, terjadi kemerahan pada gusi, bentuk ada yang berubah, dan rasa berubah dari biasanya.

Sedangkan anomali pada gigi seperti perubahan bentuk secara fisik, terjadi retakan pada gigi, dan terjadi karies pada gigi.

Kondisi tersebut haruslah dijaga dengan baik, agar kondisi saluran pada akar gigi juga terjaga kesehatannya dengan baik.

drg. Anastasia jelaskan saluran akar gigi merupakan akar gigi yang di dalamnya berisi jaringan pulpa yang terdiri dari saraf, pembuluh darah.

Baca juga: Apakah Perawatan Saluran Akar Gigi Seperti Mematikan Saraf Gigi? Begini Tanggapan drg. Ummi Kalsum

ilustrasi akar gigi
ilustrasi akar gigi (Kompas.com)

Saluran akar gigi harus dirawat sebelum ada keluhan, bukan hanya ketika sudah terlanjur sakit atau terjadi anomali saja.

"Sebelum terjadi anomali apapun saluran akar gigi dan kesehatan gigi harus dijaga kesehatannya dan dijaga vitalitasnya," terang drg. Anastasia.

"Agar gigi secara umum, secara menyeluruh bisa tetap sehat, tetap vital, dan dapat berfungsi maksimal atau optimum di dalam rongga mulut kita."

Penjelasan ini disampaikan oleh drg. R. Ngt. Anastasia Ririen Pramudyawati dalam tayangan YouTube Tribunnews program Sapa Dokter pada 5 November 2021.

Baca berita lain seputar kesehatan di sini

(Tribunhealth.com/IR)

Penulis: Irma Rahmasari
Editor: Ekarista Rahmawati
Ikuti kami di
Data Berhasil Terkirim!
Data Harus Diisi!
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved