Breaking News:

Perlu Tahu, Dokter Jelaskan Cara Deteksi Diri Terjangkit Virus Covid-19 meski Tanpa Gejala

Berikut ini simak penjelasan dokter mengenai cara mendeteksi diri terjangkit virus Covid-19

Kompas.com
ilustrasi test Covid-19 

TRIBUNHEALTH.COM - Covid-19 merupakan suatu virus yang menyerang sistem pernapasan.

Virus ini memiliki gejala yang hampir mirip dengan penyakit lain.

Yaitu penderita akan merasakan, batuk, sesak, nyeri dada, dan demam.

Ciri khas dari pasien yang terjangkit virus ini, yaitu mengalami kehilangan fungsi indra penciuman (anosmia) dan mengalami diare.

Baca juga: Dokter Menerangkan Tanda-tanda Pasien Covid-19 yang Harus Segera dibawa ke Rumah Sakit

Meski demikian, terdapat beberapa pasien yang menderita Covid-19 tanpa disertai gejala

Hal ini tentu menimbulkan banyak kekhawatiran, karena bisa terinfeksi virus Covid-19 tanpa disadari.

Atas hal tersebut, dilansir TribunHealth.com dari tayangan YouTube Tribun Timur, dr. Edward Pandu Wiriansya, Sp.P(K) menjelaskan cara dalam mendeteksi Covid-19 meski tanpa disertai gejala.

Berdasarkan penuturan Edward, cara yang bisa dilakukan untuk mendeteksi terinfeksi Covid-19 yaitu dengan menyadari kondisi kesehatan lingkungan sekitar.

ILUSTRASI Isolasi Mandiri Anak -- FOTO: Kader PKK, Lia Nur Jauharatul Mardiah (42) mengenakan APD baju hazmat melambaikan tangan kepada anak kecil dari balik kaca jendela saat membawa makanan untuk dibagikan kepada warga yang terpapar Covid-19 di Gang Cisitu Lama 1, RW 11, Kelurahan Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (22/2/2021). Langkah proaktif yang dilakukan pengurus dan kader PKK RW 11 membagikan makanan kepada warga yang sedang melakukan isolasi mandiri ini sebagai kebersamaan saling membantu dalam menangkal penyebaran Covid-19. Selain itu, warga juga membatasi akses jalan gang dan mendirikan posko Covid-19 selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).
ILUSTRASI Isolasi Mandiri Anak -- FOTO: Kader PKK, Lia Nur Jauharatul Mardiah (42) mengenakan APD baju hazmat melambaikan tangan kepada anak kecil dari balik kaca jendela saat membawa makanan untuk dibagikan kepada warga yang terpapar Covid-19 di Gang Cisitu Lama 1, RW 11, Kelurahan Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (22/2/2021). Langkah proaktif yang dilakukan pengurus dan kader PKK RW 11 membagikan makanan kepada warga yang sedang melakukan isolasi mandiri ini sebagai kebersamaan saling membantu dalam menangkal penyebaran Covid-19. Selain itu, warga juga membatasi akses jalan gang dan mendirikan posko Covid-19 selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). (Tribun Jabar/Gani Kurniawan)

"Jadi harus update, mengatahui apakah ada lingkungan sekitar atau orang yang kita temui terinfeksi Covid-19 atau tidak," terang Edward.

Pasalnya 80 % penderita Covid-19 merupakan orang tanpa gejala (OTG).

Halaman
12
Penulis: Ranum Kumala Dewi
Editor: Melia Istighfaroh
Ikuti kami di
Data Berhasil Terkirim!
Data Harus Diisi!
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved