Breaking News:

Tingkatkan Mutu Pendidikan, Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas Kunjungi 2 Kampus Ternama

Rombongan Unhas lakukan kunjungan kerja ke Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Dokumen Fakultas Kedokteran Gigi Unhas
Universitas Hasanuddin (Unhas) melalui Bidang Akademik dan Kemahasiswaan dan Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan melakukan kunjungan kerja ke Institut Pertanian Bogor (IPB) 

TRIBUNHEALTH.COM - Universitas Hasanuddin (Unhas) melalui Bidang Akademik dan Kemahasiswaan dan Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan melakukan kunjungan kerja ke Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Padjadjaran (UNPAD) pada Kamis (20/10) hingga Sabtu (22/10).

Pada kunjungan tersebut, Tim Unhas yang dipimpin oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Muhammad Ruslin, drg., M.Kes., Ph.D., Sp.BM(K)., diterima oleh Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB, Prof. Dr. Ir. Drajat Martianto, M.Si, dan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNPAD, Prof. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita, dr., SpM(K), M.Kes., Ph.D.

Kunjungan kerja ini bertujuan untuk peningkatan mutu pendidikan khususnya program sarjana, pengembangan kurikulum, pengelolaan kegiatan kemahasiswaan yang terekognisi, dan penjaminan mutu pendidikan di Universitas Hasanuddin.

Baca juga: Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas Gelar Workshop dengan Menghadirkan Pembicara dari DIKTI

Sejak pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI melaunching program Kampus Merdeka, mahasiswa berkesempaatan untuk mengasah dan mengeksplorasi ilmu, pengetahuan, dan kemampuan dengan terjun langsung ke lapangan dan dunia kerja.

Dengan demikian, Perguruan Tinggi perlu segera merespons dengan membangun sistem yang dapat memfasilitasi program-program seperti program pada Kampus Merdeka.

Rombongan Universitas Hassanudi di Univeritas Padjajaran
Rombongan Universitas Hasanuddin di Univeritas Padjajaran (Dokumen Fakultas Kedokteran Gigi Unhas)

"Ada banyak hal yang ingin kita ketahui, mulai dari bagaimana IPB dan UNPAD mengintegrasikan kegiatan kemahasiswaan ke dalam kurikulum yang menjadi salah satu capaian IKU, bagaimana kita bisa mengembangkan kurikulum dengan baik dan sesuai standar, sehingga kegiatan kemahasiswaan dapat terekognisi di dalam kurikulum."  

"Apakah nantinya direkognisi sebagai enrichment, atau softskills courses, atau mungkin bisa direkognisi sebagai mata kuliah, sistem di Unhas nantinya akan kita arahkan dapat memfasilitasi pengintegrasiannya ke dalam kurikulum," lanjut Prof. Ruslin.

Rombongan Unhas di IPB
Rombongan Universitas Hasanuddin di Institut Pertanian Bogor(Dokumen Fakultas Kedokteran Gigi Unhas)

Sementara itu, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP), Prof. Dr. Ir. Musrizal Muin, M.Sc, menyampaikan bahwa pengembangan kurikulum untuk memfasilitasi kegiatan-kegiatan kemahasiswaan juga perlu segera dilakukan, di samping penjaminan mutu tetap harus berjalan.

“Bagaimana nantinya yang sistem yang telah kita tetapkan itu tetap bisa kita kendalikan mutunya, tetap bisa menjamin bahwa pengembangan kurikulum kita benar-benar sesuai standar, tidak menyimpang dari yang seharusnya,” jelas Prof. Musrizal.

Baca juga: FKG dan Fak. Vokasi Univ. Brawijaya Malang Studi Banding ke FKG Unhas, Ini yang Dilakukan

Laporan : Abdul Majid Saputra (Humas FKG Unhas)

2 dari 2 halaman

TRIBUNHEALTH

Selanjutnya
Penulis: Ranum Kumala Dewi
Editor: Melia Istighfaroh
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved