Breaking News:

Waktu yang Tepat Melakukan Perawatan Saluran Akar Gigi yang Disampaikan drg. Anastasia

Beberapa masyarakat masih belum memahami apa yang dimaksud dengan perawatan saluran akar gigi. Perawatan ini tentunya harus dilakukan oleh dokter.

freepik.com
ilustrasi perawatan saluran akar gigi 

TRIBUNHEALTH.COM - Sebenarnya saluran akar gigi yang didalamnya berisi jaringan pulpa.

Jaringan pulpa terdiri atas persarafan, pembuluh darah dan limfe harus dirawat bukan hanya ketika sudah terlanjur sakit atau terjadi anomali.

Tetapi harus dirawat bahkan sebelum ada keluhan dan anomali apapun harus dijaga kesehatan juga vitalitasnya, agar gigi secara umum bisa sehat tetap vital dan dapat berfungsi secara maksimal .

Kita tahu bahwa saluran akar gigi berisi jaringan pulpa, ketika jaringan pulpa masih sehat harus kita jaga vitalitasnya.

Artinya kesehatan dari gigi harus kita jaga dengan baik.

Cara menjaga kesehatan gigi tentu dengan tidak membiarkan terjadinya gangguan atau anomali pada gigi secara fisik, material gigi, maupun material secara fisik seluruh jaringan pendukung gigi yang terdiri dari gusi, tulang penyangga gigi, jaringan periodonsium, seluruh jaringan gigi dan sekitarnya.

ilustrasi perawatan saluran akar gigi
ilustrasi perawatan saluran akar gigi (freepik.com)

Baca juga: Pulpa yang Rusak Tidak Bisa Pulih Sendiri, Perlu Perawatan Saluran Akar

Begitu kita menemukan adanya anomali sekecil apapun, misalnya terjadi pembengkakan maupun kemerahan pada gusi, bentuk yang berubah, rasa yang berubah dari biasanya.

Untuk gigi sendiri kita bisa melihat misalkan secara fisik berubah bentuk, adanya retakan maupun pecah, adanya karies, tentu harus dijaga agar tidak berlanjur menjadi sesuatu yang parah dan pada gilirannya bisa mengganggu vitalitas gigi juga kesehatan gigi beserta jaringan penukung gigi.

Ketika sudah terlanjur terjadi anomali, maka sesegera mungkin dirawat.

Karena jika terlambat mendapatkan perawatan, gigi yang mungkin masih bisa dipertahankan vitalitasnya terpaksa harus dilakukan tindakan devitalisasi.

2 dari 2 halaman

Gigi yang tadinya vital, dimana persarafan yang masih sehat terpaksa harus dilakukan tindakan dimana pada proses tersebut gigi menjadi tidak vital karena sudah tidak bisa dipertahankan atau disehatkan kembali.

Baca juga: Mengenal Perawatan Saluran Akar, Prosedur Pembersihan Rongga dalam Gigi

Tetapi jika sudah sampai ke tahap selanjutnya sudah terlanjur tidak sehat dan tidak mampu disembuhkan kembali vitalitas giginya, maka harus dilakukan tindakan endodotreatment.

Tindakan endodotreatment akan dilakukan ketika kondisi sudah terlanjur kronis dengan misalkan mutasi pulpa, termasuk pembersihan jaringan yang ada didalam saluran akar yang sudah terlanjur pada tahap nekrose atau mati, bahkan sudah sampai pada proses pembusukan oleh aktivitas mikroorganisme.

Ini disampaikan pada channel YouTube Warta Kota bersama dengan drg. R. Ngt. Anastasia Ririen Pramudyawati. Seorang dokter gigi.

(TribunHealth.com/Putri Pramesti Anggraini)

Selanjutnya
Penulis: Putri Pramestianggraini
Editor: Ekarista Rahmawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved