Breaking News:

Pentingnya Perawatan Gigi dan Gusi Jelang Kehamilan, Berikut Penjelasan Dokter

Menjaga kesehatan gigi dan mulut memang perlu kita lakukan setiap hari. Terlebih jika sedang mengandung, kesehatan rongga mulut perlu diperhatikan.

freepik.com
ilustrasi ibu hamil yang menjaga kesehatan gigi dan mulut 

TRIBUNHEALTH.COM - Malas dan rajin merawat gigi tidak sepenuhnya terkait kehamilan, namun lebih mengarah ke kebiasaan.

Pentingnya kesadaran sebagai ibu, untuk bisa menjaga kesehatan, baik kesehatan per tubuh dan juga kesehatan secara umum menjelang kehamilan bahkan selama kehamilan sangat penting.

Bicara tentang kesadaran, perlu kita tumbuhkan agar kita bisa berperilaku sehat.

Karena kesadaran tadi sangat berpengaruh pada pilihan tindakan kita untuk berperilaku sehat ataukah sebaliknya.

Pada kesehatan gigi dan mulut, yang paling sering terjadi memang sebagian dari kita yang kebetulan pilihannya tidak tepat.

Misalkan menjadi kurang rajin merawat gigi dan mulut bisa memicu kejadian-kejadian yang bisa memperparah kesehatan gigi juga jaringan pendukung gigi maupun rongga mulut ibu yang mengandung ataupun sedang merencanakan kehamilan.

ilustrasi ibu hamil yang menjaga kesehatan gigi dan mulut
ilustrasi ibu hamil yang menjaga kesehatan gigi dan mulut (freepik.com)

Baca juga: drg. Ivanna Belopandung Sampaikan Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Karena bagi wanita yang sedang mengandung, perubahan hormonal yang berlangsung oleh kehamilan yang sedang terjadi juga bisa berpengaruh pada kondisi kesehatan gigi dan rongga mulut.

drg. Anastasia menyampaikan, yang sering terjadi pada mereka yang kebetulan sudah mengandung adalah pregnancy gingivitis.

Pregnancy gingivitis merupakan anomali pada gusi atau gingiva yang berlangsung selama masa kehamilan.

Umumnya terjadi pada masa kehamilan trimester pertaman pada bulan kedua hingga bulan ke delapan.

2 dari 3 halaman

Bagi mereka yang kebetulan pilihannya aadalah tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan baik, maka kondisi gingivitis bisa lebih parah.

Karena pada kondisi kehamilan, salah satunya adalah hormon progesteron akan meningkat.

Dalam kejadian ini, maka vaskularisasi juga akan mengalami peningkatan pada area gusi atau gingiva dari ibu hamil tersebut.

Baca juga: Perlukah Melakukan Cek Kesehatan Gigi ke Dokter? Ini Kata drg. Lina Nurdianty

Apabila kebetulan kurang baik dalam menajga kebersihannya, maka umumnya gusi mudah radang, membengkak dan mudah berdarah.

Itulah mengapa perawatan gusi penting pada ibu yang sudah mengandung.

Salah satu caranya adalah pembersihan secara rutin dengan melakukan tindakans elain pembersihan sendiri dirumah yang rutin harus dilakukan setiap hari, juga perlu dilakukan pembersihan karang gigi atau scaling.

Wajib dilakukan scaling agar konisi-kondisi hormonal yang bisa memicu cepatnya terjadi proses pembengkakan bisa dieliminasi, sehingga tidak mudah bengkak.

Oleh aktivitas hormon esterogen yang juga meningkat, hormon ini merupakan hormon yang memang ada pada wanita terutama dalam kondisi kehamilan yang meningkat bisa memicu bakteri anaerob gram negative semakin meningkat.

Baca juga: Pahami Cara Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Mulut Secara Dasar Sebelum ke Dokter Gigi

Karena bahan substansi yaitu petadion pada aktivitas hormon ini akan meningkat dan menjadi bahan makanan untuk bakteri gram negative yang berpigmen hitam.

Sehingga bisa memicu semakin parah dan semakin meluasnya kasus infeksi peradangan gusi yang dialami oleh ibu yang sedang mengandung.

3 dari 3 halaman

Ini disampaikan pada channel YouTube Wartakota bersama dengan drg. R. Ngt. Anastasia Ririen Pramudyawati. Seorang dokter gigi.

(TribunHealth.com/Putri Pramesti Anggraini)

Selanjutnya
Penulis: Putri Pramestianggraini
Editor: Ekarista Rahmawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved