Breaking News:

Tak Jarang Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Mengalami Erosi Gigi, Begini Pemaparan drg. Mega

Menurut drg. Mega Moeharyono Puteri, Ph.D., Sp.KGA (K) - AIBK anak-anak berkebutuhan khusus cenderung memiliki masalah kesehatan gigi dan mulut.

health.kompas.com
Ilustrasi terjadinya erosi gigi pada anak berkebutuhan khusus, begini penuturan drg. Mega Moeharyono Puteri, Ph.D., Sp.KGA (K) - AIBK 

TRIBUNHEALTH.COM -Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang dengan karakteristik khusus yang berbeda dengan anak pada umumnya tanpa selalu menunjukkan pada ketidakmampuan mental, emosi maupun fisik.

Anak-anak berkebutuhan khusus cenderung memiliki masalah kesehatan gigi dan mulut.

Penyebabnya bisa beragam, mulai dari kebiasaan mulut yang tidak normal, obat-obatan, hingga konsumsi makanan yang buruk.

Hal ini lantaran anak berkebutuhan khusus biasanya mengonsumsi obat-obatan yang efek sampingnya berdampak pada gigi dan mulut seperti adanya karies atau lubang gigi hingga perubahan aliran saliva atau air liur.

Baca juga: Manfaat Konseling bagi Pelaku Penyimpangan Seksual menurut Medical Sexologist, Jangan Dianggap Remeh

Ilustrasi gigi anak berkebutuhan khusus, simak penjelasan drg. Mega Moeharyono Puteri, Ph.D., Sp.KGA (K) - AIBK
Ilustrasi gigi anak berkebutuhan khusus, simak penjelasan drg. Mega Moeharyono Puteri, Ph.D., Sp.KGA (K) - AIBK (pixabay.com)

Baca juga: 5 Tips Atasi Morning Sickness pada Ibu Hamil, Pakai Pakaian Longgar hingga Hindari Monitor Komputer

drg. Mega Moeharyono Puteri, Ph.D., Sp.KGA (K) - AIBK menerangkan jika pada umumnya anak berkebutuhan khusus memiliki bentuk gigi yang berbeda.

Pernyataan ini disampaikan oleh Dokter Gigi Anak, drg. Mega Moeharyono Puteri, Ph.D., Sp.KGA (K) - AIBK yang dilansir oleh Tribunhealth.com dalam tayangan YouTube Tribun Jatim Official edisi 17 Maret 2022.

Gigi berlubang bisa disebabkan karena suasana rongga mulut anak berkebutuhan khusus cenderung asam dimana pH air ludahnya cukup rendah.

Pasalnya tidak jarang jika anak-anak dengan kebutuhan khusus mengalami erosi gigi.

drg. Mega Moeharyono Puteri, Ph.D., Sp.KGA (K) - AIBK menuturkan jika seringkali ditemui plak atau kalkulus pada giginya yang memicu terjadinya radang.

Baca juga: Dokter Gigi Jelaskan jika Anak Berkebutuhan Khusus Memiliki Karakteristik Rongga Mulut yang Unik

Ilustrasi gigi anak berkebutuhan khusus (ABK), begini pemaparan drg. Mega Moeharyono Puteri, Ph.D., Sp.KGA (K) - AIBK
Ilustrasi gigi anak berkebutuhan khusus (ABK), begini pemaparan drg. Mega Moeharyono Puteri, Ph.D., Sp.KGA (K) - AIBK (pixabay.com)

Baca juga: Gigi yang Hilang Membuat Senyum Menjadi Kurang Cemerlang, Begini Kata drg. Mega Moeharyono Puteri

Lama-kelamaan gigi juga bisa habis akibat kebiasaan bruxism atau mengerot dimana permukaan gigi menjadi rata atau datar sehingga bisa habis.

drg. Mega Moeharyono Puteri, Ph.D., Sp.KGA (K) - AIBK mengatakan jika kunjungan rutin anak berkebutuhan khusus ke dokter gigi merupakan bagian yang sangat penting dalam membangun program kesehatan mulut yang baik.

Tentu saja mengajak anak berkebutuhan khusus ke dokter gigi bukanlah hal yang mudah, untuk itu perlunya membiasakan untuk mengunjungi dokter gigi lebih awal dan melakukan tur keliling tempat pemeriksaan gigi yang menyenangkan.

Baca juga: Mengenal 5 Jenis Pengobatan untuk Kanker Paru, Berikut Ulasan dr. Andreas Infianto, MM, Sp.P(K),FISR

Ilustrasi anak berkebutuhan khusus, simak keterangan drg. Mega Moeharyono Puteri, Ph.D., Sp.KGA (K) - AIBK
Ilustrasi anak berkebutuhan khusus, simak keterangan drg. Mega Moeharyono Puteri, Ph.D., Sp.KGA (K) - AIBK (nova.grid.id)

Baca juga: Benarkah Tindakan Bedah Plastik Hanya untuk Mempercantik Diri? dr. Sandy Sofian Sapandi Menanggapi

Penjelasan Dokter Gigi Anak, drg. Mega Moeharyono Puteri, Ph.D., Sp.KGA (K) - AIBK dilansir oleh Tribunhealth.com dalam tayangan YouTube Tribun Jatim Official edisi 17 Maret 2022.

(Tribunhealth.com/DN)

Baca berita lain tentang kesehatan di sini.

Penulis: Dhiyanti Nawang Palupi
Editor: Ekarista Rahmawati
Ikuti kami di
Data Berhasil Terkirim!
Data Harus Diisi!
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved