Breaking News:

Perhatikan Hal-hal yang Perlu Dihindari saat Menggunakan Gigi Palsu

Gigi palsu umumnya digunakan oleh lansia yang sudah memasuki usia 50 atau 60 tahun. Penggunaan gigi palsu sangat penting memperhatikan beberapa hal.

freepik.com
ilustrasi penggunaan gigi palsu 

TRIBUNHEALTH.COM - Penggunaan gigi palsu tidak hanya pada usia lansia saja, tetapi usia dewasa muda maupun anak-anak bisa menggunakan gigi tiruan untuk menggantikan fungsi gigi asli yang hilang.

Gigi palsu pada umumnya terbagi atas dua, yaitu gigi palsu lepasan atau removable denture dan gigi palsu fix atau disebut dengan fix denture.

Perlu dipahami bahwa gigi plasu fix juga dikenal dengan gigi palsu cekatan.

Dr. drg. Munawir menyampaikan bahwa dari jenis-jenis gigi palsu tersebut masih terbagi lagi.

Misalkan gigi palsu lepasan terbagi menjadi gigi palsu atau gigi tiruan penuh, ataukah gigi tiruan sebagian.

Dr. drg. Munawir menyampaikan hal-hal yang perlu diperhatikan ssecara baik-baik pada penggunaan gigi tiruan lepasan maupun gigi tiruan cekat utamanya yang perlu diperhatikan adalah kebersihan.

ilustrasi penggunaan gigi palsu
ilustrasi penggunaan gigi palsu (freepik.com)

Baca juga: Dokter Sebut Lokasi Tubuh yang Sering Muncul Daki

Bagaimana cara menjaga kebersihan oral hygiene atau kebersihan rongga mulut sangat perlu diperhatikan.

Karena orang yang menggunakan gigi palsu tergolong sangat rentan terhadap sisa-sisa makanan atau debris-debris yang dapat mengganggu kebersihan gigi dan mulut orang tersebut.

Selain itu, hal yang perlu diperhatikan bagi pengguna gigi tiruan lepasan harusnya perlu menjadi perhatian khusus untuk selalu melepas gigi tiruan tersebut bila hendak atau menjelang tidur.

Dikarenakan selain fungsinya untuk menjaga kebersihan dari gigi tiruan atau oral hygiene rongga mulut, juga diupayakan agar gusi dan rongga mulut terhadap tekanan-tekanan yang diperoleh dari penggunaan gigi tiruan lepasan.

2 dari 2 halaman

Ini disampaikan pada channel YouTube Tribun Health bersama dengan Dr. drg. Munawir H. Usman SKG., MAP. Seorang dokter gigi RS Undata Sulwesi Tengah. Kamis (30/9/2021)

(TribunHealth.com/Putri Pramesti Anggraini)

Selanjutnya
Penulis: Putri Pramestianggraini
Editor: Ekarista Rahmawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved