Breaking News:

Tak Hanya Orang Dewasa Saja, Anak-anak Juga Perlu Melakukan Pemeriksaan Rutin Ke Dokter Gigi

Menurut drg. Wiwik Elnangti Wijaya, Sp. KGA banyak sekali penyakit yang bisa dirasakan jika tidak merawat kesehatan gigi sejak dini.

Freepik.com
Ilustrasi anak mengunjungi dokter gigi, drg. Wiwik Elnangti Wijaya, Sp. KGA sebut perlu dilakukan pemeriksaan secara rutin 

TRIBUNHEALTH.COM - Sebagai orang tua, menjaga kesehatan anak secara keseluruhan merupakan hal yang penting untuk dilakukan termasuk persoalan kesehatan gigi dan mulut anak.

Kendati demikian, sayangnya tak banyak orang tua yang sadar bahwa mengenalkan dan mengajarkan anak mengenai menjaga kesehatan gigi dan menjaga kesehatan mulut perlu untuk dilakukan sejak usia dini.

Bahkan tidak sedikit orang tua yang beranggapan jika dengan anak rajin menyikat gigi saja sudah cukup.

Jika diperhatikan, banyak sekali anak yang jarang menyikat gigi dan lebih senang mengonsumsi makanan yang manis.

Baca juga: Kurang Konsumsi Serat Bisa Memicu Terjadinya Usus Buntu, Begini Penjelasan dr. Andi Siswandi, Sp.B

Ilustrasi anak yang sedang konsumsi minuman manis, drg. Wiwik Elnangti Wijaya, Sp. KGA menuturkan perlunya menjaga kesehatan gigi dan mulut
Ilustrasi anak yang sedang konsumsi minuman manis, drg. Wiwik Elnangti Wijaya, Sp. KGA menuturkan perlunya menjaga kesehatan gigi dan mulut (kompasiana.com)

Hal ini disampaikan oleh Spesialis Kedokteran Gigi Anak, drg. Wiwik Elnangti Wijaya, Sp. KGA yang dilansir oleh Tribunhealth.com dalam tayangan YouTube Tribun Health program Healthy Talk.

Banyak sekali orang tua yang berpendapat jika rajin menyikat gigi merupakan cara yang paling ampuh untuk merawat kesehatan gigi pada anak-anak.

Padahal tidak hanya orang dewasa saja yang harus memeriksa kesehatan giginya ke dokter gigi, anak juga perlu memeriksakan gigi ke dokter gigi minimal setiap 6 bulan sekali.

Baca juga: Benarkah Trauma Fisik Bisa Sebabkan Vitiligo? Begini Penjelasan dr. Halim Perdana Kusuma, Sp.DV

Dengan rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi dapat diketahui kondisi kesehatan gigi anak.

Hal ini lantaran banyak sekali penyakit yang bisa dirasakan jika tidak merawat kesehatan gigi sejak dini.

drg. Wiwik Elnangti Wijaya, Sp. KGA membenarkan jika penting sekali mengenalkan dokter gigi kepada anak.

Ilustrasi pemeriksaan gigi pada anak, drg. Wiwik Elnangti Wijaya, Sp. KGA sebut minimal dilakukan pemeriksaan 3 bulan sekali
Ilustrasi pemeriksaan gigi pada anak, drg. Wiwik Elnangti Wijaya, Sp. KGA sebut minimal dilakukan pemeriksaan 3 bulan sekali (Tribun Lifestyle)
2 dari 2 halaman

Saat mengenalkan dokter gigi kepada anak, biasanya dokter akan memberikan edukasi kepada anak terkait kesehatan rongga mulutnya.

Apabila ada lubang gigi atau gangguan pertumbuhan gigi pada anak, bisa ditangani sejak dini.

drg. Wiwik Elnangti Wijaya, Sp. KGA menuturkan jika banyak anak takut ke dokter gigi lantaran anak tidak terbiasa mengunjungi dokter gigi.

Baca juga: dr. Adnania Nareswari Paparkan Cara Mengatasi Purging Selain Menghentikan Penggunaan Skin Care

drg. Wiwik Elnangti Wijaya, Sp. KGA menyarankan agar anak melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi setiap 3 bulan sekali.

"Minimal kami mendeteksi awal bagaimana kebersihannya, ada tidaknya lubang gigi, dan bagaimana pola penelanan si anak," ungkap drg. Wiwik.

Profil drg. Wiwik Elnangti Wijaya, Sp. KGA
Profil drg. Wiwik Elnangti Wijaya, Sp. KGA (Dentamedica care center)

Melakukan pemeriksaan ke dokter gigi anak secara rutin merupakan salah satu langkah tepat agar kesehatan gigi dan mulut anak tetap terjaga dengan baik.

Baca juga: dr. Aditya, M Biomed Bagikan Tips untuk Mencegah Terjadinya Dehidrasi Saat Menjalankan Puasa

Penjelasan Spesialis Kedokteran Gigi Anak, drg. Wiwik Elnangti Wijaya, Sp. KGA dilansir oleh Tribunhealth.com dalam tayangan YouTube Tribun Health program Healthy Talk edisi 25 Desember 2021.

(Tribunhealth.com/Dhianti)

Baca berita lain tentang kesehatan di sini.

Selanjutnya
Penulis: Dhiyanti Nawang Palupi
Editor: Ekarista Rahmawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved