Breaking News:

Minum Jus Buah Asli Bisa Tingkatkan Kesehatan Jantung, Apakah Kandungan Gulanya Tak Berisiko?

Sebuah penelitian mengungkap efek jus buah alami terhadap kesehatan jantung dan efek gula alami di dalamnya

Kompas.com
ilustrasi jus buah alami 

TRIBUNHEALTH.COM - Mengonsumsi satu jenis makanan tertentu memang tidak akan mengubah kesehatan jantung, tapi itu bisa membantu.

Penelitian baru yang diterbitkan dalam Nutrition Bulletin mengungkapkan bahwa segelas jus buah 100 persen setiap hari dapat meningkatkan kesehatan jantung, dilansir TribunHealth.com dari Express, Selasa (23/11/2021).

Halitu juga tidak memiliki efek kesehatan yang merugikan, misalnya terhadap penambahan berat badan, risiko diabetes tipe 2, atau kesehatan metabolisme.

“Jus buah murni menyediakan vitamin, mineral, dan bioaktif tanaman yang sama dengan yang ditemukan dalam buah utuh," kata Profesor John Sievenpiper, dari Fakultas Kedokteran Temerty di University of Toronto, yang ikut menulis ulasan tersebut.

"Namun (jus buah) terkadang difitnah secara tidak adil karena mengandung gula buah alami," lanjutnya sedikit menyayangkan.

Baca juga: Konsumsi Buah dan Sayur Bermanfaat untuk Kontrol Peradangan Tubuh, Bisa Kendalikan Badai Sitokin

Baca juga: dr. Diana Suganda Jelaskan Buah Bisa Dikonsumsi Kapan pun, Baik Pagi, Siang, Sore Maupun Malam

Ilustrasi konsumsi buah
Ilustrasi konsumsi buah (Pixabay)

“Penelitian kami menunjukkan bahwa segelas kecil setiap hari tidak membahayakan dan ada kemungkinan itu bisa bermanfaat bagi Anda.”

Bahkan beberapa penelitian dari AS dan Eropa melaporkan penurunan 15 hingga 20 persen risiko stroke pada konsumen jus buah biasa.

Beberapa uji klinis menunjukkan bahwa jus yang terbuat dari jeruk, delima, dan cranberry secara signifikan menurunkan tekanan darah, atau meningkatkan fungsi pembuluh darah (pembuluh darah).

Profesor itu menambahkan: “Perubahan tekanan darah rata-rata yang dilaporkan oleh penelitian setelah konsumsi jus buah secara teratur berada dalam kisaran yang sama dengan apa yang Anda harapkan setelah memotong asupan garam sekitar empat gram sehari."

Jus buah vs gula

Ilustrasi jus buah alami
Ilustrasi jus buah alami (wartakota.tribunnews.com)

Baca juga: Mitos atau Fakta Konsumsi Buah Bersifat Asam Memicu Asam Lambung Naik? Simak Ulasan dr. Mustopa

Baca juga: Meski Baik untuk Kesehatan, Jadikan Buah sebagai Makanan Utama Bisa Picu Beragam Penyakit

"Pada saat yang sama, bukti dari studi intervensi berkualitas tinggi membantah hubungan bahwa beberapa penelitian observasional Amerika telah membuat (hubungan) antara 100 persen jus buah dan diabetes tipe 2."

Jus buah memiliki reputasi buruk karena penuh gula, tetapi uji coba menunjukkan bahwa selama jus itu 100 persen alami, jus itu bisa sangat sehat.

Jus yang diberi label 100 persen ini hanya mengandung sari buah-buahan alami, tanpa bahan tambahan, pemanis atau pengawet.

Profesor Sievenpiper mengatakan: “Berkali-kali, uji klinis menunjukkan bahwa minum jus buah dalam jumlah sedang tidak menyebabkan kadar gula darah atau insulin yang tidak sehat, atau kelebihan berat badan atau risiko diabetes tipe 2."

"Ini berarti bahwa orang yang menikmati segelas jus buah dapat diyakinkan bahwa itu cocok dengan diet seimbang".

Baca berita lain tentang kesehatan umum di sini.

(TribunHealth.com/Nur)

Penulis: anrosikin
Editor: Melia Istighfaroh
Ikuti kami di
Data Berhasil Terkirim!
Data Harus Diisi!
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved