Breaking News:

Bagaimana Cara Mengurangi Rasa Sakit saat Perawatan Saluran Akar Gigi? Begini Kata drg. Anastasia

drg. Anastasia sebut rasa sakit yang timbul dalam perawatan saluran akar gigi bisa terjadi saat tindakan sedang berlangsung dan pasca tindakan.

freepik.com
ilustrasi perawatan saluran akar gigi 

TRIBUNHEALTH.COM - drg. Anastasia sebut jika rasa sakit pada perawatan saluran akar sangat dipengaruhi oleh nilai ambang rasa sakit pada tubuh.

Artinya saat dokter belum menyentuh pasien, ada pasien yang sudah merasa kesakitan akibat ambang rasa sakit pada dirinya.

Pasien dan dokter bekerja sama dengan baik saat melakukan perawatan saluran akar, dengan cara pasien harus mengikuti anjuran dokter dengan baik saat perawatan berlangsung.

Pasalnya tidak semua perawatan saluran akar gigi menimbulkan rasa sakit.

Dilansir TribunHealth.com, drg. R. Ngt. Anastasia Ririen Pramudyawati memberikan penjelasan dalam tayangan YouTube Tribunnews program Sapa Dokter.

drg. R. Ngt. Anastasia Ririen menjelaskan rasa sakit yang timbul dalam perawatan saluran akar gigi bisa terjadi saat tindakan sedang berlangsung dan pasca tindakan.

Baca juga: drg. R.Ngt. Anastasia Ririen: Segera Lakukan Perawatan pada Saluran Akar Gigi yang Mengalami Anomali

ilustrasi nyeri gigi akibat terjadinya anomali pada saluran akar
ilustrasi nyeri gigi akibat terjadinya anomali pada saluran akar (pixabay.com)

Rasa sakit yang muncul saat tindakan biasanya terjadi saat dokter sedang melakukan tindakan amputasi pulpa atau pengambilan jaringan pulpa yang sudah terinfeksi.

Pengambilan jaringan pulpa tersebut dilakukan karena menurut hasil penilaian dokter, jaringan tersebut tidak bisa dipertahankan lagi.

Lalu bagaimana cara mengurangi rasa sakit saat perawatan saluran akar gigi?

drg. Anastasia memaparkan ketika dokter melakukan perawatan saluran akar, dokter akan melakukan tindakan tersebut dibawah anastesi. Artinya tindakan tersebut akan dilakukan di bawah bius lokal.

Namun apabila saat sudah dibius masih merasakan sakit, ada kemungkinan dokter sedang melakukan irigasi atau memasukkan carian untuk tujuan tertentu pada gigi yang silakukan perawatan.

Kondisi tersebut bisa menyebabkan pasien merasakan rasa sakit atau ngilu saat perawatan.

Kendati demikian, drg. Anastasia mengungkapkan biasanya hal tersebut diantisipasi dengan dokter menggunakan alat khusus atau menggunakan teknik tertentu.

Sehingga rasa sakit yang dirasakan oleh pasien bisa berkurang.

Baca juga: Berapa Lama Masa Pemulihan Pasca Pencabutan Akar Gigi? Berikut Jawaban Dr. drg. Munawir Usman M.AP

ilustrasi melakukan perawatan saluran akar gigi
ilustrasi melakukan perawatan saluran akar gigi (pixabay.com)

Apabila keluhan rasa sakit tersebut dialami oleh pasien pasca tindakan atau saat di rumah, maka perlu ditelusuri obat apa dan tindakan apa yang diterima oleh pasien sebelum pulang.

Ketika dokter sebelumnya melakukan tindakan devitalisasi menggunakan obat tertentu, pada beberapa pasien meskipun giginya masih vital, ia akan mengalami rasa sakit.

Namun tidak semua pasien akan mengalami hal tersebut, biasanya kondisi tersebut akan hilang satu hari atau dua hari kemudian.

Dokter biasanya akan memberikan resep obat tertentu untuk mengantisipasi apabila pasien mengalami keluhan tersebut pasca perawatan saluran akar gigi.

Penjelasan ini disampaikan oleh drg. R. Ngt. Anastasia Ririen Pramudyawati dalam tayangan YouTube Tribunnews program Sapa Dokter pada 5 November 2021.

Baca berita lain seputar kesehatan di sini

(Tribunhealth.com/IR)

Penulis: Irma Rahmasari
Editor: Ekarista Rahmawati
Ikuti kami di
Data Berhasil Terkirim!
Data Harus Diisi!
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved