Breaking News:

Dr. drg. Munawir H Usman, SKG., MAP Sebut Pengguna Behel Harus Lebih Rajin Menjaga Oral Hygiene

drg. Munawir H Usman, SKG., MAP menjelaskan dalam penggunaan behel perawatan khusus yang harus dilakukan sehari-hari adalah menjaga oral hygiene.

Freepik.com
Ilustrasi pemasangan behel gigi pada keluhan gigi yang tidak rapi 

TRIBUNHEALTH.COM - Dr. drg. Munawir H Usman, SKG., MAP sebut penggunaan behel gigi berfungsi untuk memperbaiki atau mengoreksi gigi yang mengalami kelainan.

Kelainan tersebut bisa berupa maloklusi atau malposisi dari susunan gigi.

Dilansir TribunHealth.com, Dokter Gigi, Dr. drg. Munawir H Usman, SKG., MAP memberikan penjelasan dalam tayangan YouTube Tribun Palu Official.

Dalam penjelasan tersebut Dr. drg. Munawir H Usman, SKG., MAP menjelaskan dalam penggunaan behel perawatan khusus yang harus dilakukan sehari-hari adalah menjaga oral hygiene.

Oral hygiene atau menjaga kebersihan mulut harus dilakukan lebih ekstra bagi pengguna behel atau kawat gigi.

Adanya alat yang dipasangkan dalam rongga mulut pada bagian permukaan gigi, otomatis pengguna behel atau kawat gigi akan kesulitan membersihkan gigi terutama saat sikat gigi.

Baca juga: Dr. drg. Munawir H Usman, SKG., MAP: Durasi Penggunaan Behel Tergantung dari Keluhan Pasien

Ilustrasi - Penggunaan kawat gigi
Ilustrasi - Penggunaan kawat gigi (TribunJateng.com)

"Jadi biasanya pasien yang menggunakan behel akan kesulitan untuk sikat gigi dibandingkan dengan yang tidak menggunakan behel," terang drg. Munawir.

"Karena itulah pengguna behel atau kawat gigi membutuhkan adaptasi, kontrol dengan rajin, telaten, dan disiplin untuk menjaga kebersihan gigi dan mulutnya," lanjutnya.

Menurut Dr. drg. Munawir H Usman, SKG., MAP seseorang yang menggunakan behel atau kawat gigi harus memperhatikan sikat gigi yang digunakannya.

Ia melanjutkan bahwa pengguna behel atau kawat gigi biasanya ada sikat gigi yang khusus untuk membersihkan sela-sela bracket pada behel tersebut.

Halaman
12
Penulis: Irma Rahmasari
Editor: Melia Istighfaroh
Ikuti kami di
Data Berhasil Terkirim!
Data Harus Diisi!
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved