Breaking News:

dr. Zainal Mutaqqin Ungkap Semakin Lama Tumor Otak Semakin Besar dan Dapat Menyebabkan Kebutaan

Prof. Dr. dr. Zainal Mutaqqin, PhD, Sp.BS imbau untuk melakukan general check up dan brain check up.

Freepik.com
Ilustrasi seseorang mengalami kebutaan akibat tekanan tumor di kepala, Prof. Dr. dr. Zainal Mutaqqin, PhD, Sp.BS ungkap penyebabnya 

TRIBUNHEALTH.COM - Tingkat pendidikan, kehidupan, dan kesejahteraan yang semakin baik harus seimbang dengan tingkat kesadaran akan kesehatan masing-masing individu.

Umumnya di usia tertentu dianjurkan untuk melakuan general check up.

Menurut dokter, selain melakukan general check up juga diperlukan brain check up.

Baca juga: dr. Diana Suganda Sarankan Orangtua untuk Mengontrol Jajanan pada Anak Agar Terhindar dari Diabetes

Brain check up merupakan rangkaian pemeriksaan untuk mendeteksi dini adanya gangguan di otak dan pembuluh darah otak seperti infark atau kematian sel otak, aneurisma, tumor dan sebagainya sebagai upaya pencegahan atau prevensi berkembangnya penyakit otak lebih lanjut.

Ilustrasi melakukan brain check up untuk mendeteksi gangguan pada otak, begini penjelasan Prof. Dr. dr. Zainal Mutaqqin, PhD, Sp.BS
Ilustrasi melakukan brain check up untuk mendeteksi gangguan pada otak, begini penjelasan Prof. Dr. dr. Zainal Mutaqqin, PhD, Sp.BS (Freepik.com)

Hal ini disampaikan oleh Prof. Dr. dr. Zainal Mutaqqin, PhD, Sp.BS yang dilansir oleh Tribunhealth.com dalam tayangan YouTube Tribun Jateng program Rubrik Kita edisi 14 Mei 2021.

Dokter menuturkan jika setiap jumlah populasi penduduk 100.000 orang terdapat sekitar 10 kasus tumor otak baru setiap tahun.

Baca juga: Adakah Tips Pasca Perawatan Saluran Akar Gigi? Berikut Penjelasan drg. Ummi Kalsum

Adanya tumor otak menyebabkan desakan atau tekanan dapat mengakibatkan kaburnya penglihatan penderita.

Menurut dokter kondisi ini harus diwaspadai, karena semakin lama tumor semakin mendesak dan besar ukurannya dapat menyebabkan penderita mengalami kebutaan.

Ilustrasi letak tumor otak, Prof. Dr. dr. Zainal Mutaqqin, PhD, Sp.BS sebut semakin lama dapat menekan kepala
Ilustrasi letak tumor otak, Prof. Dr. dr. Zainal Mutaqqin, PhD, Sp.BS sebut semakin lama dapat menekan kepala (solo.tribunnews.com)

Apabila sudah terjadi kebutaan karena penderita tidak pernah melakukan brain check up dan tidak mengetahui adanya tumor otak, umumnya penderita baru menyadari.

Karena mayoritas orang Indonesia tidak melakukan pemeriksaan apabila tidak mengidap sakit yang parah.

Baca juga: Penggunaan Gigi Palsu dapat Mengembalikan Fungsi Gigi, Begini Penjelasan drg. Munawir

Jika sakit kepala yang dialami semakin lama semakin berat dan disertai keluhan lain seperti gangguan berjalan, gangguan berbicara, hingga pandangan mata yang berubah, maka sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter.

Sehingga dokter bisa memastikan diagnosa pasien, apabila memang dicurigai menderita tumor otak maka akan dilakukan pemeriksana terkait otak pasien seperti foto CT scan.

Ilustrasi hasil MRI otak, Prof. Dr. dr. Zainal Mutaqqin, PhD, Sp.BS sarankan melakukan pemeriksaan apabila mengalami keluhan
Ilustrasi hasil MRI otak, Prof. Dr. dr. Zainal Mutaqqin, PhD, Sp.BS sarankan melakukan pemeriksaan apabila mengalami keluhan (jateng.tribunnews.com)

Baca juga: Apa Kegunaan Tindakan Onlay dalam Kedokteran Gigi? Berikut Ini Jawaban drg. Muhammad Ikbal, Sp.Pros

Penjelasan Prof. Dr. dr. Zainal Mutaqqin, PhD, Sp.BS dilansir oleh Tribunhealth.com dalam tayangan YouTube Tribun Jateng program Rubrik Kita edisi 14 Mei 2021.

(Tribunhealth.com/Dhianti)

Baca berita lain tentang kesehatan di sini.

Penulis: Dhiyanti Nawang Palupi
Editor: Melia Istighfaroh
Ikuti kami di
Data Berhasil Terkirim!
Data Harus Diisi!
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved