Breaking News:

Penggunaan Gigi Palsu dapat Mengembalikan Fungsi Gigi, Begini Penjelasan drg. Munawir

drg. Munawir sarankan untuk menggunakan gigi palsu pada gigi yang tanggal atau ompong, agar fungsi dari gigi dapat kembali bekerja dengan baik.

freepik.com
ilustrasi gigi palsu 

TRIBUNHEALTH.COM - Gigi tanggal atau gigi copot dapat terjadi diberbagai usia, baik dari anak-anak hingga orang dewasa.

Pada anak-anak ketika mengalami gigi tanggal pada gigi susu, masih bisa digantikan dengan gigi dewasa atau gigi permanen.

Namun pada orang dewasa, ketika mengalami gigi tanggal yang terjadi pada gigi permanen, maka sudah tidak bisa digantikan lagi.

Karena gigi permanen tersebut hanya tumbuh satu kali, begitu gigi mengalami tanggal atau copot, maka tidak akan ada lagi pergantian pada gigi tersebut.

Dilansir TribunHealth.com, Dr. drg. Munawir H. Usman, SKG., MAP memberikan penjelasan pada tayangan YouTube Tribun Health program Beauty Health.

Dalam penjelasannya tersebut drg. Munawir menganjurkan untuk menggunakaan gigi palsu apabila seseorang telah mengalami kasus kehilangan gigi atau gigi tanggal, khususnya pada gigi dewasa atau gigi permanen.

Gigi dewasa atau permanen sudah tidak akan mengalami pergantian gigi.

Baca juga: Selain Trauma, Gigi Tanggal juga Disebabkan Karena Penyakit pada Gigi, Simak Ulasan drg. Munawir

ilustrasi gigi palsu
ilustrasi gigi palsu (freepik.com)

Bahkan menurut drg. Munawir terdapat 12 gigi yaitu gigi molar kiri, kanan, atas, dan bawah tidak mengalami pergantian gigi.

Mengapa terjadinya gigi tanggal atau copot sangat disarankan untuk digantikan dengan gigi palsu?

drg. Munawir menjelaskan, karena gigi memiliki tiga fungsi yang berbeda, yaitu fungsi mastikasi atau pengunyahan, fungsi bicara, dan fungsi estetika.

Apabila terjadi penanggalan pada gigi, otomatis ketiga fungsi tersebut akan hilang.

Oleh sebab itu, dengan menggunakan gigi palsu diharapkan dapat mengembalikan fungsi-fungsi pada gigi tersebut.

Gigi palsu ialah alat bantu yang digunakan untuk menggantikan fungsi gigi yang hilang dan jaringan gusi disekelilingnya.

Penggunaan gigi palsu ini dapat membantu mengatasi keluhan yang muncul akibat gigi yang hilang, seperti mengatasi fungsi bicara, fungsi pengunyahan, hingga fungsi estetika.

Gigi palsu juga dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang, karena dari segi estetika sangat membantu mengatasi gigi yang tanggal.

Penjelasan ini disampaikan oleh Dr. drg. Munawir H. Usman, SKG., MAP dalam tayangan YouTube Tribun Health program Beauty Health pada 30 Desember 2021.

Baca berita lain seputar kesehatan di sini

(Tribunhealth.com/IR)

Penulis: Irma Rahmasari
Editor: Melia Istighfaroh
Ikuti kami di
Data Berhasil Terkirim!
Data Harus Diisi!
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved