Breaking News:

dr. Erickson Arthur Siahaan, Sp.KJ Ungkap Alasan Penyitas Covid-19 Masih Alami Gejala Setelah Sembuh

dr. Erickson Arthur Siahaan sebut sebagian besar penderita COVID-19 akan sembuh total dalam beberapa minggu setelah pertama kali merasakan gejala.

freepik.com
ilustrasi seseorang yang mengalami sesak nafas setelah dinyatakan sembuh dari COVID-19, begini alasannya menurut dr. Erickson Arthur Siahaan, Sp.KJ 

TRIBUNHEALTH.COM - Sebagian besar penderita COVID-19 akan sembuh total dalam beberapa minggu setelah pertama kali merasakan gejala.

Kendati demikian, ada juga memang para penyitas COVID-19 yang masih mengalami gejala selama berminggu-minggu hingga berbulan-bulan setelah ia dinyatakan sembuh dari COVID-19.

Baca juga: Apakah Obat Kumur Dapat Membantu Menjaga Estetika Gigi? Begini Tanggapan drg. Ummi Kalsum, MH.Kes.

Hal ini disampaikan oleh Psychiatrist, dr. Erickson Arthur Siahaan, Sp.KJ yang dilansir oleh Tribunhealth.com dalam tayangan YouTube Tribunnews program Dear Doctor edisi 31 Juli 2021.

ilustrasi sakit kepala setelah sembuh dari COVID-19, dr. Erickson Arthur Siahaan, Sp.KJ jelaskan alasannya
ilustrasi sakit kepala setelah sembuh dari COVID-19, dr. Erickson Arthur Siahaan, Sp.KJ jelaskan alasannya (tribunnews.com)

Baca juga: drg. Ummi Kalsum, MH.Kes., Sp.KG Tak Sarankan Menggunakan Obat Kumur Setiap Saat, Ketahui Alasannya

Adapun beberapa gejala yang bisa dirasakan, antara lain:

  • Kelelahan
  • Sesak nafas
  • Sakit kepala
  • Kehilangan indera penciuman
  • Sulit konsentrasi
  • Sulit tidur

Dengan kita mengetahui bahwa gejala-gejala tersebut menurut beberapa penelitian masih bisa terjadi pada seseorang yang sudah negatif COVID-19, hal tersebut diharapkan bisa menurunkan kecemasan karena sudah mengetahui data dan fakta yang terjadi.

Ilustrasi sering merasa kelelahan mesti sudah negatif COVID-19, begini penjelasan dr. Erickson Arthur Siahaan, Sp.KJ
Ilustrasi sering merasa kelelahan mesti sudah negatif COVID-19, begini penjelasan dr. Erickson Arthur Siahaan, Sp.KJ (Pixabay)

Namun, apabila pasien merasakan gejala tersebut masih tetap ada, maka bisa melakukan konsultasi kembali ke dokter untuk memastikan kondisi tubuh apakah memang berkaitan dengan gejala sisa COVID-19 ataukah ada gangguan tubuh lain yang memerlukan penanganan lebih lanjut.

Baca juga: drg. Wiwik Elnangti Wijaya, Sp.KGA Sebut Risiko yang Terjadi Jika Karies Gigi Tidak Segera Ditangani

Selain itu, dokter sarankan untuk tetap mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, melakukan latihan pernafasan, rutin berolahraga secara bertahap dan menerapkan protokol kesehatan.

Penjelasan Psychiatrist, dr. Erickson Arthur Siahaan, Sp.KJ dilansir oleh Tribunhealth.com dalam tayangan YouTube Tribunnews program Dear Doctor edisi 31 Juli 2021.

(Tribunhealth.com/Dhianti)

Baca berita lain tentang kesehatan di sini.

Penulis: Dhiyanti Nawang Palupi
Editor: Ekarista Rahmawati
Ikuti kami di
Data Berhasil Terkirim!
Data Harus Diisi!
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved