Breaking News:

drg. Citra, MMRS Jelaskan Penyebab Gigi Tanggal atau Gigi Copot di Usia Muda

drg. Citra sebut penyebab yang paling sering terjadi pada gigi tanggal atau copot adalah karena trauma atau jatuh.

pixabay.com
ilustrasi gigi yang patah akibat trauma atau jatuh 

TRIBUNHEALTH.COM - drg. Citra menyebutkan gigi yang mudah tanggal dan copot di usia muda disebebkan karena pemeliharaan gigi yang tidak baik.

Pasalnya gigi harus dirawat dengan baik, baik dalam kebersihan dan kesehatannya.

Gigi yang terjaga kebersihan dan kesehatannya selain dapat terjaga kebersihannya juga dapat terhindar dari masalah atau penyakit gigi.

Salah satu risiko yang dapat terjadi apabila jarang menyikat gigi dan membersihkan gigi adalah gigi yang cepat tanggal atau copot, meskipun masih dalam usia muda.

Dilansir TribunHealth.com, Dokter Gigi, drg. Citra, MMRS memberikan penjelasan dalam tayangan YouTube TribunJabar Video program Tribun Health.

drg. Citra berikan contoh terkait penyebab gigi yang mudah tanggal atau copot.

"Misalnya dari asupan makan kita, diet kita tinggi kalori atau tinggi gula, hal tersebut juga bisa bikin gigi kita cepat tanggal," papar drg. Citra.

"Jadi kondisi gigi ini tidak bagus dari usia dini."

Baca juga: drg. Citra, MMRS Berikan Penjelasan Mengenai Perawatan Gigi Palsu Jenis Lepas Pasang

ilustrasi gigi palsu
ilustrasi gigi palsu (grid.id)

drg. Citra juga menjelaskan jika gigi tanggal juga bisa disebabkan karena adanya trauma atau kecelakaan saat masih muda.

"Kalau anak kecil biasanya menglami gigi tanggal atau patah karena bermain dengan temannya, kemudian dia terjatuh. Paling sering seperti itu," ungkap drg. Citra.

"Untuk anak ABG biasanya gigi tanggal terjadi karena berantem dengan temannya atau kecelakaan saat naik motor."

"Untuk usia produktif bisa saja karena diet, jadi asupan makanan yang ia konsumsi bisa menyebabkan gigi tanggal dan juga bisa karena trauma."

"Sedangkan untuk orangtua beda lagi. Orangtua daerah rongga mulutnya mengalami penuruanan saat sudah tua dan tidak seperti waktu muda, hal ini juga bisa menjadi salah satu faktor gigi tanggal atau copot dengan sendirinya," lanjut drg. Citra.

drg. Citra memaparkan penyebab lainnya bisa terjadi karena makanan manis, seperti konsumsi boba hingga ice cream.

Ketika frekuensi pembersihan gigi terjaga dengan baik, seperti rajin sikat gigi, sikat gigi tepat waktu, rajin mengunjungi dokter gigi minimal enam bulan sekali, kondisi kebersihan dan kesehatan gigi akan lebih terjaga.

drg. Citra melanjutkan bahwa penyebab yang paling sering terjadi pada gigi tanggal atau copot adalah karena trauma atau jatuh.

Namun, tidak sedikit juga gigi copot ini diakibatkan karena kondisi giginya yang jelek yang akhirnya harus dilakukan pencabutan dan diganti dengan gigi tiruan atau gigi palsu.

Baca juga: drg. Citra, MMRS Sebut Penggunaan Gigi Palsu Dapat Menimbulkan Keluhan Seperti Sariawan di Awal

ilustrasi gigi patah
ilustrasi gigi patah (tribunnews.com)

"Jadi memang kalau giginya jelek bisa dipertahankan ya akan dipertahankan, namun jika tidak bisa kondisi tersebut dapat menjadi sumber infeksi dan meluas di rongga mulut, papar drg. Citra.

"Karena hal inilah mending kita ambil infeksinya atau kita cabut giginya. Nanti setelah satu bulan baru kita kasih gigi tiruan."

Menurut drg. Citra, pemasangan gigi palsu ini idealnya pemasangannya adalah ketika gigi tersebut sudah tidak ada, kemudian tulang dan gusinya sudah bagus lagi dan baru kemudian baru dipasangkan gigi tiruannya.

Halaman
12
Penulis: Irma Rahmasari
Editor: Ekarista Rahmawati
Ikuti kami di
Data Berhasil Terkirim!
Data Harus Diisi!
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved