Breaking News:

Dr. drg. Munawir H Usman, SKG., MAP: Penggunaan Behel Gigi Removable sebaiknya di Lepas saat Tidur

Terdapat dua jenis behel gigi atau kawat gigi, pertama behel gigi yang bersifat lepasan, kedua bersifat permanen disebut dengan cekatan.

tribunnews.com
ilustrasi penggunaan behel atau kawat gigi 

TRIBUNHEATLH. COM - Dokter Gigi, Dr. drg. Munawir H Usman, SKG., MAP menyebutkan behel gigi merupakan salah satu alat atau piranti dalam kedokteran gigi.

Behel gigi berfungsi untuk memperbaiki atau mengoreksi gigi yang mengalami kelainan maloklusi atau malposisi dari susunan gigi.

Dilansir TribunHealth.com, Dokter Gigi, Dr. drg. Munawir H Usman, SKG., MAP memberikan penjelasan dalam tayangan YouTube Tribun Palu Official.

Menurut drg. Munawir Usaman, jenis behel gigi memiliki istilah bracket dalam dunia kedokteran gigi dan juga dikenal dengan piranti ortodonti.

Terdapat dua jenis behel gigi atau kawat gigi, pertama behel gigi yang bersifat lepasan yang disebut sebagai removable orthodontic.

Kedua behel gigi yang bersifat permanen atau disebut dengan fix orthodontic atau cekatan.

Dua jenis alat ini memiliki fungsi yang sama yaitu untuk memperbaiki susunan gigi geligi, yang membedakan adalah cara penggunaannya.

Baca juga: Begini Prosedur Pemasangan Kawat Gigi atau Behel Menurut Dr. drg Edy Heriyanto Habor, Sp.Ort (K)

Ilustrasi pemasangan behel gigi
Ilustrasi pemasangan behel gigi ((Phoenixns))

drg. Munawir menjelaskan jika penggunaan removable orthodontic, behel tersebut bisa di lepas sendiri oleh pasien.

"Ketika dia ingin istirahatkan atau tidak ingin digunakan, maka pasien tersebut bisa melepas sendiri," terang drg. Munawir.

Ia melanjutkan jika penggunakan ortodonti lepasan ini membuat pasien atau penggunanya merasa tidak nyaman ketika digunakan saat tidur.

Halaman
12
Penulis: Irma Rahmasari
Editor: Ekarista Rahmawati
Ikuti kami di
Data Berhasil Terkirim!
Data Harus Diisi!
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved